Penulis Utama : Dewi Oktaviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1618007
Tahun : 2021
Judul : Peranan Media Monitoring oleh Public Relations di Subbagian Komunikasi Pimpinan Setda Kota Surakarta dalam Mengontrol Opini Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1618007
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses media monitoring surat kabar cetak yang dilakukan oleh Public Relations Pemerintah Kota Surakarta. Berbekal ilmu teori yang telah didapat ketika menjadi mahasiswa Public Relations penulis telah melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Subbagian Komunikasi Pimpinan mempunyai peran dan tugas yang sama dengan praktisi Public Relations (PR) pemerintahan. Peran dan tugas seorang PR pemerintahan tidak lain yaitu pihak yang menjembatani antara pemerintah dengan publiknya.
PR pemerintahan juga melakukan analisis media informasi media monitoring yaitu berfungsi untuk menganalisis media informasi dan akan berhubungan dengan opini publik. Media massa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan seorang PR, dimana media monitoring merupakan kegiatan mencari, membaca dan menganalisis berita atau informasi yang berkaitan dengan perusahaan atau instansi yang bertujuan untuk mengetahui apa saja yang sedang menjadi perbincangan publik.
Media monitoring yang dilakukan oleh Subbagian Komunikasi Pimpinan telah dilaksanakan dengan baik, terprogram dan sistematis karena dilakukan setiap hari. Berita dari media cetak yang telah dianalisis akan dimasukkan kedalam website e-clipping pemerintah Kota Surakarta. Inovasi ini tentunya memberikan dampak yang lebih baik karena akan lebih efektif dan efisien daripada melakukan kliping tempel. Kegiatan media monitoring akan sangat mempermudah pekerjaan praktisi PR, mengingat berita atau informasi yang didapatkan saat itu juga. Dengan adanya media monitoring tersebut diharapkan dapat meminimalisir adanya kemungkinan terjadinya krisis perusahaan. Meskipun demikian Tugas Akhir ini juga memberikan beberpa rekomendasi tentang perbaikan aktivitas – aktivitas tersebut.

Keyword : Public Relations, PR, Media Monitoring, opini publik.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W S. Sos, M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi