Penulis Utama : Nella Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317042
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Berbasis Website Sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4317042
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik media pembelajaran e-magazine berbasis website pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan sebagai sumber belajar siswa serta (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-magazine berbasis website pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan sebagai sumber belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model 4D dengan menghilangkan tahap disseminate. Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design media dirancang dengan menghasilkan storyboard media. Pada tahap develop setelah media dikembangkan dilakukan penilaian oleh ahli media, ahli materi serta dilakukan uji coba lapangan terhadap guru dan siswa.
Hasil uji kelayakan media e-magazine berbasis website yaitu 1) Penilaian ahli materi memperoleh rata-rata skor 3 yang berarti materi layak digunakan, 2) Penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 3,625 yang berarti sangat layak digunakan, 3) Penilaian uji coba terbatas pada guru memperoleh skor 3,35 yang artinya sangat layak digunakan sedangkan penilaian siswa memperoleh skor 3,17 yang artinya layak digunakan, 4) Penilaian uji coba skala besar oleh guru memperoleh skor 3,85 sedangkan pada siswa memperoleh skor 3,48 yang artinya sangat layak digunakan.
Simpulan penelitian yaitu 1) karakteristik dari e-magazine memuat materi beserta dengan gambar-gambar preparat asli yang dibuat oleh peneliti. Selain majalah, memuat video pembelajaran, video praktikum, contoh game, serta kuis. 2) Validasi ahli materi serta ahli media maupun penilaian guru serta siswa menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan sebagai sumber belajar biologi.

Kata Kunci : majalah elektronik, plant tissue

 

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurmiyati, S.Pd., M.Si.
2. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP