Penulis Utama : David Jauharuddin
NIM / NIP : K4617035
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pada Klub Kusuma Bhirawa, manajemen yang dimaksudkan di sini adalah manajemen dalam arti luas, berkaitan dengan manajemen organisasi, sumber daya manusia yang meliputi pelatih dan atlet, sarana dan prasarana yang dimiliki, serta pendanaan atau keuangan yang ada dalam klub.
Dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang digunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode survei dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus manajemen Klub Kusuma Bhirawa Ponorogo.
Hasil penelitian ini yang pertama adalah organisasi, organisasi dari klub tersebut terbilang cukup, kerja sama antar kepengurusan Klub Kusuma Bhirawa dapat menghasilkan program kerja yang maksimal, dimana kepengurusan organisasi perlu pembaharuan, dari tahun 2014 sampai sekarang belum ada pembaharuan kepengurusan. Program dan materi latihan selalu bervariasi, dari hal trsebut dapat meraih prestasi yang maksimal, keuangan Klub Kusuma Bhirawa terbilang baik sampai saat ini tidak ada keluhan dari seluruh anggota Klub Kusuma Bhirawa khususnya pelatih dan atlet.
Simpulan penelitian ini adalah struktur organisasi Kusuma Bhirawa terbilang cukup. Pembinaan pada klub tersebut baik dengan memberikan kesempatan berlatih diluar jam latihan bertujuan agar mendapatkan jam terbang yang lebih. Program latihan pada klub tersebut juga baik dengan program yang telah ditentukan oleh tim pelatih. Profil pelatih Kusuma Bhirawa juga baik dilihat dari pelatihnya yang sudah bersertifikasi sebagai pelatih bolavoli, walaupun sumber dana Kusuma Bhirawa berasal dari sumber dana tunggal akan tetapi keadaan keuangan sudah baik tidak ada keluhan dari seluruh anggota klub. Kondisi sarana dan prasarana latihan Klub Kusuma Bhirawa sudah cukup memadai dan layak untuk digunakan, namun GOR kurang luas dan lantai GOR sedikit ada kerusakan sehingga program latihan kurang lebih maksimal.
Prestasi Klub Kusuma Bhirawa pada tahun 2014-2020 adalah Juara 1, 2, 3 liga remaja Se-Kabupaten Ponorogo tahun 2019, Juara 1 Amigo cup Se- Kabupaten Ponorogo 2016, dan juga sukses dalam mengantarkan atletnya ke jenjang nasional yaitu Hadi Soeharto yang membela Tim Nasional Indonesia dan pemain nasional bolavoli pantai yaitu Fero Renald. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan Kusuma Bhirawa kepada masyarakat dan menghasilkan atlet-atlet bolavoli di daerah Ponorogo dan lainnya. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan referensi klub-klub bolavoli lainnya untuk memecahkan masalah yang sering timbul terutama dibidang bolavoli.

Kata kunci : Survei, Manajemen, Klub Bolavoli

 

×
Penulis Utama : David Jauharuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617035
Tahun : 2021
Judul : Survei Pembinaan dan Perkembangan Klub Bolavoli Kusuma Bhirawa Ponorogo Tahun 2014-2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan-K4617035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M. Kes.
2. Manshuralhudlori, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.