Penulis Utama : Adi Putra Rahmadi
NIM / NIP : S961808002
×

 

Latar Belakang : Virus hepatitis B (HBV) merupakan virus menyebabkan gangguan infeksi pada organ hati manusia baik bersifat akut maupun kronis. Fibrosis hati adalah suatu tahap peradangan kronis akibat infeksi virus Hepatitis B (HBV) kronik. miR-146a  merupakan salah satu miRNA yang berperan pada infeksi HBV, replikasi virus dan terjadinya fibrosis hati. Interleukin-6 (IL-6) merupakan sitokin pro-inflamasi dan memiliki peranan penting dalam progresivitas penyakit HBV perkembangan fibrosis hati serta sirosis.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek miR-146a  dan IL-6 terhadap fibrosis hati pasien hepatitis B kronik.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan 26 pasien hepatitis B kronik naïve, berusia lebih dari 30 tahun di Poliklinik Penyakit Dalam bagian Gastroentero-Hepatologi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pasien dilakukan pemeriksaan miR-146a  dan kadar IL-6 secara PCR. Derajat fibrosis hati diperiksa dengan pemeriksaan fibroscan. Uji korelasi menggunakan Spearman dan Product Moment Pearson dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana.

Hasil Penelitian : Hasil analisis regresi didapatkan miR-146a  memiliki pengaruh positif dan kuat terhadap fibrosis hati R=0,675 (p<0 rs=0,415 p=0,035).>Product Moment Pearson didapatkan miR-146a  memiliki hubungan positif, berkorelasi lemah dan tidak signifikan dengan kadar IL-6 r=0,206 (p=0.312).

Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara          miR-146a  dan IL-6 dengan fibrosis hati pasien hepatitis B kronik.

×
Penulis Utama : Adi Putra Rahmadi
Penulis Tambahan : 1.
2.
NIM / NIP : S961808002
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Mir-146a dan Interleukin-6 terhadap Fibrosis Hati Pasien Hepatitis B Kronik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : PENGARUH miR-146a DAN INTERLEUKIN-6 TERHADAP FIBROSIS HATI PASIEN HEPATITIS B KRONIK Adi Putra R 1), Paulus Kusnanto 2), Ratih Tri Kusuma Dewi 3)1) Residen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/ RSUD Dr. Moewardi2)Divisi Gastroenterohepatologi RSUD Dr. Moewardi/ Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret3) Divisi Ginjal Hipertensi RSUD Dr. Moewardi/ Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas MaretABSTRAKLatar Belakang : Virus hepatitis B (HBV) merupakan virus menyebabkan gangguan infeksi pada organ hati manusia baik bersifat akut maupun kronis. Fibrosis hati adalah suatu tahap peradangan kronis akibat infeksi virus Hepatitis B (HBV) kronik. miR-146a merupakan salah satu miRNA yang berperan pada infeksi HBV, replikasi virus dan terjadinya fibrosis hati. Interleukin-6 (IL-6) merupakan sitokin pro-inflamasi dan memiliki peranan penting dalam progresivitas penyakit HBV perkembangan fibrosis hati serta sirosis.Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek miR-146a dan IL-6 terhadap fibrosis hati pasien hepatitis B kronik.Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan 26 pasien hepatitis B kronik naïve, berusia lebih dari 30 tahun di Poliklinik Penyakit Dalam bagian Gastroentero-Hepatologi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pasien dilakukan pemeriksaan miR-146a dan kadar IL-6 secara PCR. Derajat fibrosis hati diperiksa dengan pemeriksaan fibroscan. Uji korelasi menggunakan Spearman dan Product Moment Pearson dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana. Hasil Penelitian : Hasil analisis regresi didapatkan miR-146a memiliki pengaruh positif dan kuat terhadap fibrosis hati R=0,675 (p<0,001), Hasil analisis korelasi antara kadar IL-6 memiliki hubungan positif, berkorelasi sedang dan signifikan dengan fibrosis hati rs=0,415 (p=0,035). Hasil uji korelasi Product Moment Pearson didapatkan miR-146a memiliki hubungan positif, berkorelasi lemah dan tidak signifikan dengan kadar IL-6 r=0,206 (p=0.312).Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara miR-146a dan IL-6 dengan fibrosis hati pasien hepatitis B kronik.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Paulus Kusnanto, Sp.PD-KGEH, FINASIM
2. dr. Ratih Tri Kusuma Dewi, Sp.PD,K-GH, FACP, FINASIM
Penguji : 1. Dr. dr. Dhani Redhono Harioputro Sp.PD, K-PTI, FINASIM
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.