Penulis Utama : Aziza Istiqomah
NIM / NIP : E0018077
×

Aziza Istiqomah. 2022. E0018077. ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP BARANG YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (STUDI PUTUSAN NOMOR 47/PID.B/2021/PN.BAU). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Putusan Hakim dalam perkara Nomor 47/Pid.B/2021/PN.Bau dengan peraturan  perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun penelitian hukum ini adalah penelitian hukum doktrinal atau normatif. Dalam penelitian ini, penulis hendak mencari kesesuaian antara objek yang akan diteliti dengan ketentuan aturan atau prinsip yang hendak dijadikan sebagai referensi. Sifat penelitian hukum ini adalah preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan undang- undang dan kasus (case study). Sumber bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan atau studi dokumen, dengan   cara   mempelajari    literatur    dari    buku,    jurnal,    artikel,    dan bahan kepustakaan lainnya yang berkitan dengan masalah yang diteliti serta peraturan yang berhubungan dengan penelitian ini, analisis bahan hukum dengan logika deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Penulis memperoleh kesimpulan bahwa Putusan Hakim Pengadilan Negeri Baubau belum diputus sesuai dengan ketentuan Perundangan-undangan khususnya Kitab Undang- Undang Hukum Pidana. Ketentuan Tindak Pidana kekerasan terhadap barang yang dilakukan secara bersama-sama yang diatur dalam pasal 170 ayat (1) KUHPidana jika dikaitkan dengan fakta yang terjadi ataupun yang terungkap dipersidangan maka perbuatan terdakwa La Amba Bin Lantalagi tidak memenuhi unsur  dengan terang-terangan; dengan tenaga bersama; menggunakan kekerasan; terhadap orang atau barang;  sebagaimana yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut umum maupaun yang diputusakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Baubau dalam perkara no. 47/Pid.B/2021/PN.Bau.

×
Penulis Utama : Aziza Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0018077
Tahun : 2022
Judul : Analisis Yuridis Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Barang yang Dilakukan Secara Bersama-Sama (Studi Putusan Nomor 47/PID.B/2021/PN.BAU)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tindak Pidana, Pasal 170 ayat (1) KUHP, Putusan Pengadilan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Winarno Budyatmojo, S.H.,M.S.
2. Budi Setiyanto, S.H.,M.H.
Penguji : 1. Diana Lukitasari, S.H., M.H.
2. Ismunarno, S.H.,M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.