Penulis Utama : Cynthia Lutfi Salsabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118038
Tahun : 2022
Judul : Analisis Value Engineering (VE) & Emisi Gas Rumah Kaca dengan Metode Life Cycle Assessment (LCA) Pada Struktur Beton (Studi Kasus : Galeri Annex Proyek Revitalisasi PKJ TIM Tahap II)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Cynthia Lutfi Salsabila, 2022. Analisis Value Engineering (VE) & Emisi Gas Rumah Kaca dengan Metode Life Cycle Assessment (LCA) Pada Struktur Beton (Studi Kasus : Galeri Annex Proyek Revitalisasi PKJ TIM Tahap II). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) merupakan salah satu area yang sedang dilakukan revitalisasi oleh pemerintah. Revitalisai PKJ TIM Tahap II meliputi perencanaan, pembangunan, pengelolaan, dan perawatan. Pada pembangunan salah satu gedung yang terdapat di PKJ TIM Tahap II, Galeri Annex, memakan biaya sebesar 15,18?ri total keseluruhan biaya proyek Galeri Annex.


Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena galeri dinilai memiliki dimensi struktur yang cukup besar, sehingga kurang efisien. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan metode Value Engineering (VE) dan Life Cycle Assessment (LCA) dengan tujuan untuk mengidentifikasi pekerjaan struktur yang dapat dilakukan efisiensi dan menghitung perbandingan biaya dan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan sebelum dan sesudah dilakukan analisis. Penelitan dilakukan dengan mengambil dua sampel, yaitu satu pekerjaan balok dan satu pekerjaan kolom. Pada sampel yang telah diambil, dilakukan perhitungan ulang dengan memunculkan alternatif pengembangan, yaitu menambahkan bahan pengganti semen (zat aditif) dalam campuran beton. Alternatif bahan aditif yang digunakan dalam penelitian ini adalah zeolit, silica fume, dan metakaolin dengan mutu beton secara berurutan, 34 MPa; 41,4 MPa; dan 45 MPa. Alternatif dibandingkan dengan struktur awal, yaitu beton f’c 30 MPa dengan campuran fly ash. 


Dari analisis yang telah dilakukan, alternatif yang terpilih adalah penggunaan beton f’c 34 MPa dengan campuran bahan aditif zeolit, berdasarkan perhitungan dengan metode VE maka penggunakan alternatif dapat menghemat biaya sebesar 3,59%, untuk perhitungan dengan metode LCA alternatif tersebut dapat mengurangi emisi GRK sebesar 4,11%, dan apabila pehitungan dilakukan dengan metode CEA alternatif tersebut dapat menghemat biaya dan mengurangi emisi gas rumah sebesar 55,74%.
 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fajar Sri Handayani, S.T., M.T.
2. Setiono, S.T., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik