Penulis Utama : Cynthia Lutfi Salsabila
NIM / NIP : I0118038
×

Cynthia Lutfi Salsabila, 2022. Analisis Value Engineering (VE) & Emisi Gas Rumah Kaca dengan Metode Life Cycle Assessment (LCA) Pada Struktur Beton (Studi Kasus : Galeri Annex Proyek Revitalisasi PKJ TIM Tahap II). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM) merupakan salah satu area yang sedang dilakukan revitalisasi oleh pemerintah. Revitalisai PKJ TIM Tahap II meliputi perencanaan, pembangunan, pengelolaan, dan perawatan. Pada pembangunan salah satu gedung yang terdapat di PKJ TIM Tahap II, Galeri Annex, memakan biaya sebesar 15,18?ri total keseluruhan biaya proyek Galeri Annex.


Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena galeri dinilai memiliki dimensi struktur yang cukup besar, sehingga kurang efisien. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan metode Value Engineering (VE) dan Life Cycle Assessment (LCA) dengan tujuan untuk mengidentifikasi pekerjaan struktur yang dapat dilakukan efisiensi dan menghitung perbandingan biaya dan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan sebelum dan sesudah dilakukan analisis. Penelitan dilakukan dengan mengambil dua sampel, yaitu satu pekerjaan balok dan satu pekerjaan kolom. Pada sampel yang telah diambil, dilakukan perhitungan ulang dengan memunculkan alternatif pengembangan, yaitu menambahkan bahan pengganti semen (zat aditif) dalam campuran beton. Alternatif bahan aditif yang digunakan dalam penelitian ini adalah zeolit, silica fume, dan metakaolin dengan mutu beton secara berurutan, 34 MPa; 41,4 MPa; dan 45 MPa. Alternatif dibandingkan dengan struktur awal, yaitu beton f’c 30 MPa dengan campuran fly ash. 


Dari analisis yang telah dilakukan, alternatif yang terpilih adalah penggunaan beton f’c 34 MPa dengan campuran bahan aditif zeolit, berdasarkan perhitungan dengan metode VE maka penggunakan alternatif dapat menghemat biaya sebesar 3,59%, untuk perhitungan dengan metode LCA alternatif tersebut dapat mengurangi emisi GRK sebesar 4,11%, dan apabila pehitungan dilakukan dengan metode CEA alternatif tersebut dapat menghemat biaya dan mengurangi emisi gas rumah sebesar 55,74%.
 

 

×
Penulis Utama : Cynthia Lutfi Salsabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118038
Tahun : 2022
Judul : Analisis Value Engineering (VE) & Emisi Gas Rumah Kaca dengan Metode Life Cycle Assessment (LCA) Pada Struktur Beton (Studi Kasus : Galeri Annex Proyek Revitalisasi PKJ TIM Tahap II)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Biaya, Emisi Gas Rumah Kaca, Life Cycle Assessment, Struktur, Value Engineering
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fajar Sri Handayani, S.T., M.T.
2. Setiono, S.T., M.Sc.
Penguji : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Muji Rifai, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.