Penulis Utama : Ratih Kusuma Murti
NIM / NIP : M0317063
×

Telah dilakukan pembuatan komposit tanah andisol/pasir foundry serta pengujian efektivitas komposit sebagai adsorben logam berat kadmium (Cd) dan implementasi pada limbah batik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembuatan komposit serta mengetahui kemampuan adsorpsi komposit tanah andisol/pasir foundry terhadap logam berat kadmium (Cd) pada kondisi komposisi, pH, dan waktu kontak optimum. Tanah andisol dan pasir foundry diaktivasi dengan larutan NaOH 3 M. Karakterisasi komposit adsorben dilakukan dengan instrumen Fourier Transform Infrared Analyzer (FTIR), X-Ray Diffraction (XRD), X-Ray Fluoresence (XRF), Scanning Electron Microscopy-mapping Energy Dispersive XRay (SEM-EDX), dan Surface Area Analyzer (SAA). Pengukuran konsentrasi logam berat kadmium (Cd) dalam larutan dilakukan dengan instrumen Atomic Adsorption Spectroscopy (AAS). Uji kinerja adsorpsi terhadap logam berat Cd dilakukan dengan variasi komposisi tanah andisol/pasir foundry 100:0; 75:25;50:50; 25:75 dan 0:100 (b/b) pada pH larutan 3-7 dan waktu kontak 10, 20, 30, 40,50, 60, 70, 80, 90, dan 100 menit dengan metode batch.
Hasil karakterisasi menunjukkan proses aktivasi dan pengkompositan tanah andisol/pasir foundry berhasil yang diketahui melalui adanya perubahan pada spektrogram Fourier Transform Infrared Analyzer (FTIR), difratogram X-Ray Diffraction (XRD), hasil X-Ray Fluoresence (XRF), dan morfologi Scanning Electron Microscopy-mapping Energy Dispersive X-Ray (SEM-EDX). Larutan hasil adsorpsi diukur dengan Atomic Adsorption Spectroscopy (AAS) yang menunjukkan adsorpsi larutan model Cd oleh komposit tanah andisol/pasir foundry 100:0 (b/b) terjadi secara efektif dengan persentase 99,78% pada kondisi pH 6 dan waktu kontak 70 menit dengan kapasitas adsorpsi 0,4171 mg/g. Jenis isoterm adsorpsi mengikuti isoterm Langmuir dan kinetika pseudo second order. Kondisi optimum adsorpsi selanjutnya diimplementasikan untuk adsorpsi pada limbah batik. Kapasitas adsorpsi limbah batik pada kondisi optimum adalah 0,0053 mg/g dengan persentase adsorpsi 30,63%.

×
Penulis Utama : Ratih Kusuma Murti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0317063
Tahun : 2022
Judul : Efektivitas Komposit Tanah Andisol/Pasir Foundry sebagai Adsorben Logam Berat Kadmium (Cd) dan Implementasi pada Limbah Batik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2022
Program Studi : S-1 Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : adsorpsi, tanah andisol, pasir foundry, logam berat Cd
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Pranoto, M.Sc
2. Dra. Tri Martini, M.Si
Penguji : 1. Dr.rer.nat Atmanto Heru W, M.Si
2. Dr Dian Maruto Widjonarko, M.Si
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.