Penulis Utama : Annisa Nur Aini
NIM / NIP : K7118037
×

ABSTRAK

Annisa Nur Aini. PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi. Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh dari lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA; dan (3) pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto dengan analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 1403 siswa. Sampel penelitian adalah 316 siswa kelas V dari 12 SDN di Kecamatan Kebumen yang diambil menggunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas lingkungan keluarga dan kemandirian belajar, sedangkan tes digunakan untuk mengambil data variabel terikat hasil belajar IPA. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari deskripsi data, uji persyaratan analisis data, uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda, dan analisis sumbangan efektif menggunakan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25 dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil uji persayaratan analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, linier, dan tidak terjadi multikolinieritas antarvariabel bebas. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022 dengan koefisien regresi sebesar 0,445, nilai Sig. 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 4,922 > ttabel 1,968, serta besar sumbangan efektif sebesar 18,3%; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022 dengan koefisien regresi sebesar 0,396, nilai Sig. 0,000 < 0,05, dan nilai thitung 5,159 > ttabel 1,968, serta besar sumbangan efektif sebesar 19,3%; (3) lingkungan keluarga dan kemandirian belajar berpengaruh positif secara simultan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai Sig. 0,000 < 0> Ftabel 3,025, serta besar sumbangan efektif sebesar 37,6%.

Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

×
Penulis Utama : Annisa Nur Aini
Penulis Tambahan : 1. Suhartono
2. Tri Saptuti Susiani
3.
NIM / NIP : K7118037
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Kebumen - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : keluarga, kemandirian, hasil belajar IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.