Penulis Utama : Sugeng Sulistiyawan
NIM / NIP : K1315050
×

Perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan memberikan solusi dalam penilaian pembelajaran. Tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website adalah media tes yang menggunakan bantuan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website pada Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 dan mendeskripsikan model tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website sebagai alternatif solusi permasalahan tes tertulis konvensional.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan model Hannafin dan Peck (1987) yang meliputi tiga proses yakni fase penilaian kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. Sumber informasi didapat dari informasi primer dan sekunder. Informasi primer bersumber dari kuesioner kepada narasumber yaitu ahli teknologi, guru dan siswa. Informasi sekunder yaitu dari buku dan jurnal. Model kuesioner yang digunakan menggunakan kuesioner skala 4 dengan metode EUCS yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness seperti yang telah dirumuskan oleh Doll dan Torkzadeh. Analisis yang dipakai menggunakan dua analisis yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website adalah model tes pada mata pelajaran matematika berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa untuk mengatasi kendala dalam proses pelaksanaan tes pilihan ganda dan tes uraian konvensional. Model tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website terdapat fitur lembar jawab untuk pilihan ganda dan uraian yang berupa teks dan upload gambar, timer pengerjaan tes, pemantauan koneksi internet, memantau secara pekerjaan siswa, validator siswa, mengoreksi otomatis atau manual pada setiap skor soal, nilai total terhitung secara otomatis, dan siswa dapat melihat nilai. Uji coba model tes ujian online berbasis website didukung dengan adanya hasil uji coba ahli teknologi, guru dan siswa yang menunjukkan penggunaan aplikasi tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website dapat membantu guru dan siswa saat melaksanakan ujian mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, model tes pilihan ganda dan tes uraian berbasis website dapat digunakan sebagai salah satu solusi permasalahan tes pilihan ganda dan tes uraian konvensional.

×
Penulis Utama : Sugeng Sulistiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315050
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Model Ujian Online Berbasis Website pada Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tes online berbasis website; tes pilihan ganda; tes uraian
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Ira Kurniawati, S.Si, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.