Penulis Utama : Mela Fitania
NIM / NIP : K7118149
×

Mela Fitania. PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V SDN 2 WALUYO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda dengan penggunaan model Discovery Learning, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas Vb SDN 2 Waluyo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 peserta didik. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu pengggunaan model Discovery Learning dan data kuantitatif yaitu hasil belajar IPA tentanf perubahan wujud benda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) model Discovery Learning diterapkan dengan langkah-langkah: (a) simulation (memberikan rangsang/stimulasi), (b) problem statement (pernyataan/identifikasi masalah), (c) data collection (pengumpulan data), (d) data processing (pengolahan data), (e) verification (pembuktian), dan (f) Generalization (menarik kesimpulan); (2) model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V SDN 2 Waluyo Tahun Ajaran 2021/2022, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar IPA pada siklus satu berjumlah 86,6% menjadi 96,67% pada siklus III; (3) kendala yang ditemui yaitu: (a) peserta didik belum aktif menjawab pertanyaan guru dan mengemukakan pendapat, (b) peserta didik pasif dalam kegiatan diskusi dan malu menyampaikan hasil diskusi, (c) peserta didik mengalami kesulitan memahami materi, dan (d) peserta didik belum aktif memberikan tanggapan atau pertanyaan pada sesi tanya jawab kepada kelompok presentator, adapun solusi dari kendala yang uncul adalah; (a) guru memberikan penguatan bahwa setiap pendapat peserta didik tidak ada yang salah agar peserta didik lebih percaya diri, (b) guru memberi motivasi arahan peserta didik agar memberikan pendapat dan berani menyampaikan hasil diskusi, (c) guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar berani menanyakan hal-hal yang belum dipahami, (d) memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berani memberi tanggapan.
Kesimpulan dala penelitian ini yaitu model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V SDN 2 Waluyo Tahun Ajaran 2021/2022.

×
Penulis Utama : Mela Fitania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118149
Tahun : 2022
Judul : Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas V SDN 2 Waluyo Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : discovery learning, IPA, wujud benda
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.