Penulis Utama : Risqi Fandilah
NIM / NIP : B0117051
×

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk AK dan CK dalam interaksi penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan  Muria  Kudus?  (2)  bagaimanakah  fungsi  AK  dan  CK  dalam  interaksi penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan Muria Kudus? (3) bagaimanakah faktor yang melatarbelakangi AK dan CK dalam interaksi penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan Muria Kudus? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeksripsikan bentuk  AK dan CK dalam interaksi penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan Muria Kudus, (2) menjelaskan fungsi AK dan CK dalam interaksi  penjual dan pembeli di  kawasan wisata religi  Sunan Muria Kudus (3) menjelaskan faktor yang melatarbelakangi AK dan CK dalam interaksi penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan Muria Kudus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dasar. Taraf penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah penjual dan pembeli di kawasan wisata religi Sunan Muria Kudus. Semua tuturan yang mengandung AK dan CK yang dituturkan oleh penjual dan pembeli di kawasan tersebut merupakan data dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  metode  simak  dengan  simak  libat cakap (SLC), simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Metode analisis data adalah metode distribusional dan metode padan.
Berdasarkan analisis data penelitian, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut (1) Alih Kode   (a) bentuk alih kode antara lain BJ ke BI, BI ke BJ, BJ krama ke BJ ngoko, BJ ngoko ke BJ krama (b) fungsi alih kode meliputi : lebih argumentatif, lebih komunikatif, memberikan penghormatan, mempertegas pembicaraan (c) faktor yang melatarbelakangi alih kode meliputi : O1, O2, hadirnya O3, humor (2) Campur Kode (a) bentuk campur kode meliputi : kata, pengulangan kata, dan frasa (b) fungsi campur kode : bahasa lebih bervariasi, lebih  singkat  untuk  digunakan,    memberikan  penekanan  atau  maksud,    lebih mudah dipahami (c) faktor yang melatarbelakangi : prinsip kesopanan dan kesantunan penutur, tidak ada padanan bahasa yang digunakan, dan   keinginan untuk menjelaskan.

Kata-kata Kunci: Alih kode, campur kode, Sunan Muria, penjual, pembeli

 

×
Penulis Utama : Risqi Fandilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117051
Tahun : 2021
Judul : Alih Kode dan Campur Kode Dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Kawasan Wisata Religi Sunan Muria Kabupaten Kudus (Suatu Kajian Sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0117051
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.