Penulis Utama : Hesti Hidayati
NIM / NIP : K7117094
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendespkripsikan  (1) kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika tentang statistika yang dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri Munggangsari tahun ajaran 2020/2021; (2) menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika tentang statistika pada siswa kelas IV; (3) langkah-langkah menyelesaikan soal cerita matematika yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan 21 siswa kelas IV SD dengan 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.  Data yang digunakan merupakan data kualitatif hasil deskripsi peneliti mengenai analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika tentang statistika, faktor-faktor penyebab, dan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesalahan menyelesaikan soal cerita statistika yang berupa (1) kesalahan membaca soal: (a) siswa belum bisa membaca kalimat panjang; (b) siswa belum mampu memahami kalimat dalam soal; (2) kesalahan memahami apa yang ditanyakan dalam soal: (a) siswa tidak memahami apa yang ditanyakan dalam soal; (b) guru kurang memberikan pelatihan soal; (3) kesalahan transformasi: (a) siswa belum mengetahui cara mengubah data dari bentuk tabel ke diagram batang; (b) siswa tidak memperhatikan saat guru memberikan penjelasan tentang langkah-langkah menyelesaikan soal cerita; (4) kesalahan dalam proses: (a) siswa kurang disiplin terhadap kerapihan; (b) siswa tidak memiliki alat tulis yang memadai untuk membuat tabel dan diagram batang; dan (5) kesalahan dalam menuliskan kesimpulan: (a) siswa tidak memahami cara menuliskan keterangan atau kesimpulan pada jawaban; (b) siswa kurang teliti atau tergesa-gesa saat mengerjakan soal cerita statistika. Terdapat faktor dari dalam diri siswa salah satunya yakni siswa malas membaca kalimat soal dan faktor dari luar diri siswa salah satunya yakni kurangnya kreativitas guru yang mengakibatkan siswa mengalami kesalahan menyelesaikan soal cerita statistika.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika tentang statistika pada siswa kelas IV SD yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Langkah yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa adalah: (1) latihan membaca kalimat panjang; (2) menerapkan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita dengan benar; (3) melakukan latihan soal yang lebih bervariasi; dan (4) menggunakan strategi dan media pembelajaran yang bervariasi.

Kata Kunci: analisis, kesalahan menyelesaikan soal cerita, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Hesti Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117094
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Statistika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Munggangsari Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117094
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.