Penulis Utama : Rochmat Aldy Purnomo
NIM / NIP : T401708008
×

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan. Dimensi kesiapan teknologi dan perdagangan elektronik (e-commerce) berfungsi sebagai faktor penting dalam meningkatkan efektivitas faktor produksi, peningkatan produktivitas, dan meningkatkan daya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis pemetaan tingkat kemampuan kesiapan adopsi teknologi dan perdagangan elektronik (e-commerce) serta menganalisis karakteristik yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM di Eks. Karesidenan Madiun yang meliputi beberapa kategori yaitu bahan bangunan, kerajinan, logam, pangan dan tekstil. Teknik analisis menggunakan teknometer (TRL), ecommeter (ECRL), dan regresi multinominal logistik. Tingkat adopsi teknologi dan perdagangan elektronik UMKM di Eks. Karesidenan Madiun dibagi menjadi beberapa klaster, yaitu klaster artisinal, aktif, dinamis, dan maju.
Mayoritas pelaku UMKM di Eks. Karesidenan Madiun masih berada pada klaster artisinal untuk seluruh kategori. Walaupun demikian, beberapa diantaranya sudah berada pada klaster maju. Adapun variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kesiapan adopsi teknologi dengan dasar klaster artisinal meningkat ke klaster aktif, adalah karakteristik kepemilikan, inovasi, dan lingkungan. Kemudian, meningkat ke klaster dinamis, variabel yang berpengaruh adalah karakteristik organisasi dan lingkungan. Pada klaster maju, variabel yang berpengaruh adalah karakteristik kepemilikan, organisasi, dan lingkungan. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesiapan adopsi perdagangan elektronik dengan dasar klaster artisinal meningkat ke klaster aktif adalah karakteristik kepemilikan dan lingkungan. Kemudian karakteristik organisasi dan karakteristik lingkungan untuk meningkat ke klaster dinamis. Karakteristik kepemilikan dan karakteristik organisasi untuk meningkat ke klaster maju. Manajer/pemilik UMKM perlu memusatkan perhatian pada variabel yang dapat memperkuat (mempengaruhi) UMKM agar bisa meningkatkan klasternya.
     
Kata Kunci: UMKM, Kesiapan Adopsi E-Commerce, Kesiapan Adopsi Teknologi, Inovasi

 

×
Penulis Utama : Rochmat Aldy Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401708008
Tahun : 2021
Judul : Dinamika Kesiapan Adopsi Teknologi dan Perdagangan Elektronik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Serta Karakteristik yang Mempengaruhi di Wilayah Eks.Karesidenan Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-T401708008
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. J.J. Sarungu, M.S.
2. Bhimo Rizky Samudro, SE, M.Si, Ph.D.
3. Tri Mulyaningsih, SE, M.Si,.Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.