Penulis Utama : Avatara Rizky Pratama
NIM / NIP : B0118007
×

ABSTRAK

Avatara Rizky Pratama. B0118007. Konflik Batin Tokoh Gajah Mada Dalam Naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit Karya Budi “Bodhot” Riyanto (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian yaitu : (1) analisis struktur naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit karya Budhi “Bodhot” Riyanto dengan teori analisis drama Soediro Satoto; (2) konflik batin tokoh Gajah Mada berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud; (3) kepribadian tokoh Gajah Mada dalam naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit Karya Budi “Bodhot” Riyanto teori Sigmund freud.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan struktur naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit karya Budi "Bodhot" Riyanto berdasarkan teori struktural drama menurut Soediro Satoto; (2) mendeskripsikan bentuk konflik batin yang dialami oleh Gajah Mada dalam naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit karya Budi "Bodhot" Riyanto; (3) mendeskripsikan kepribadian tokoh Gajah Mada dalam naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit karya Budi "Bodhot" Riyanto.

Landasan teori penelitian ini adalah pengertian Kethoprak, teori struktural drama Soediro Satoto yang terdiri dari (1) alur atau plot, (2) penokohan, (3) latar, (4) tema, (5) amanat, (6) konflik, (7) cakapan, teori psikoanalisis Sigmund Freud yang terdiri dari id, Ego, dan Superego, utamanya tentang konflik batin.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah struktur naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit Karya Budi “Bodhot” Riyanto konflik batin tokoh Gajah Mada, dan kepribadian tokoh Gajah Mada. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan  verifikasi.

Hasil analisis dari penelitian satu kajian yaitu: (1) struktur naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit menunjukkan suatu jalinan antar unsur, (2) konflik batin tokoh Gajah Mada dianalisis dengan teori  kepribadian Sigmund freud terdiri dari id, Ego, dan superego, (3) kepribadian tokoh Gajah Mada digambarkan sebagai pemimpin yang patuh, bijak, dan mempertimbangkan banyak hal saat mengambil keputusan.

 

 

×
Penulis Utama : Avatara Rizky Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118007
Tahun : 2022
Judul : Konflik Batin Tokoh Gajah Mada dalam Naskah Kethoprak Bhayangkara MajapahitKarya Budi “Bodhot” Riyanto(Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : Konflik batin, Kepribadian tokoh, naskah Kethoprak Bhayangkara Majapahit, Psikologi Sastra.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S, M.Hum.
Penguji : 1. Siti Muslifah, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.