Penulis Utama : Endah Nisrinasari
NIM / NIP : B0217024
×

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tanggapan siswa SD Negeri Ngrambe 2 kelas 3 mengenai topik cerita dalam cerpen Ibuku Chayank Muach!; (2) bagaimana kesan terhadap teks yang dibentuk cerpen Ibuku Chayank Muach! terhadap siswa SD Negeri Ngrambe 2 kelas 3 seminggu kemudian?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menemukan tanggapan siswa SD Negeri Ngrambe 2 kelas 3 mengenai topik cerita cerpen Ibuku Chayank Muach!; (2) mengetahui dan menemukan kesan terhadap teks yang dibentuk cerpen Ibuku Chayank Muach! terhadap siswa SD Negeri Ngrambe 2 kelas 3 seminggu kemudian?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek material dalam penelitian ini adalah cerpen Ibuku Chayank Muach! dan objek formal dalam penelitian ini adalah resepsi pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner dan wawancara. Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan teori estetika resepsi Wolfgang Iser.
Hasil penelitian ini adalah identifikasi topik yang dominan pendidikan dan kehidupan sosial. Topik cerpen Ibuku Chayank Muach! adalah kehidupan sosial dan pendidikan, hal tersebut dibuktikan dengan penggalan-penggalan dari cerpen yang dominan pada dua hal tersebut. Harapan skematis pada cerpen cenderung mudah dipahami oleh responden, sebab menggunakan bahasa sehari-hari serta pemilihan kosa kata yang masih sederhana. Tanggapan yang dimunculkan 17 responden bagus, 13 dengan alasan, 4 tanpa alasan; 1 responden menanggapi tidak bagus; 2 tidak memiliki tanggapan; dan 1 menanggapi menarik dan luar biasa. Berbagai tanggapan yang muncul dikarenakan ragam latar belakang keluarga, selain itu juga disebabkan belum berkembangnya pola pendidikan di sekolah memberi ruang siswa berekspresi atau mengungkapkan pendapat. Interpretasi responden terhadap topik cerpen berbeda-beda, namun siswa tidak terpengaruh oleh buku lain yang mereka baca ataupun nasihat orang tua. Hal yang mempengaruhi ruang interpretasi dipengaruhi secara tidak langsung dari pengamatan siswa terhadap lingkungan sekitarnya. Cerpen Ibuku Chayank Muach! memberi kesan kepada 10 responden, kesan yang timbul dipengaruhi oleh ingatan, lingkungan sekitar dan keluarga, serta terdapat kesan yang berhubungan dengan kemiripan bahasa, minuman bajigur diplesetkan menjadi bajingan.

Kata Kunci: estetika resepsi, tanggapan, kesan.

 

×
Penulis Utama : Endah Nisrinasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217024
Tahun : 2021
Judul : Resepsi Siswa SD Negeri Ngrambe 2 Kelas 3 Terhadap Cerpen Ibuku Chayank Muach! (2008) Karya Izzati: Kajian Estetika Resepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0217024
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.