Penulis Utama : Riyandhiani Kartika Dewi
NIM / NIP : D1219043
×

Alzheimer Indonesia (ALZI) merupakan sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD), Alzheimer beserta keluarga dan pelaku rawat ODD baik di Indonesia khususnya, maupun di dunia internasional pada umumnya. Public Relation Officer ALZI memanfaatkan Cyber Public Relation sebagai sarana kehumasan dengan mengoptimalkan penggunaan akun-akun media sosialnya  mulai dari Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram untuk menjangkau publik, terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Public Relation Officer dalam membangun corporate image Alzheimer Indonesia melalui Cyber Public Relation di tengah pandemi COVID-19.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi.  Cyber Public Relation yang dilakukan oleh Public Relation Officer Alzheimer Indonesia merupakan salah satu kegiatan komunikasi eksternal untuk membangun hubungan baik antara organisasi dengan publik internalnya.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari sejumlah dokumen serta data pendukung lainnya. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi proses reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan dengan teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling.
Temuan dari penelitian ini adalah Public Relation Officer Alzheimer Indonesia berperan sebagai communication fascilitator dalam membangun corporate image organisasi. Sebagai communication fascilitator, Public Relation Officer Alzheimer Indonesia menerapkan kegiatan Cyber Public Relation dengan mengoptimalkan akun resmi media sosial yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Tidak ada survei khusus yang dilakukan tim Public Relation Alzheimer Indonesia untuk menentukan target audiens. Sementara itu, dalam tahap perencanaan Public Relation Officer membuat konten dengan mengacu pada sumber-sumber yang kredibel. Untuk media penyampai pesan, Public Relation Officer Alzheimer Indonesia memilih media sosial untuk menjangkau target audiensnya. Tahap terakhir adalah evaluasi untuk melihat hasil dan pelaksanaan program Cyber Public Relation.

Kata Kunci: corporate image, COVID-19, Cyber Public Relation, media sosial

 

×
Penulis Utama : Riyandhiani Kartika Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1219043
Tahun : 2021
Judul : Peranan Public Relation Officer dalam Membangun Corporate Image Yayasan Alzheimer Indonesia Melalui Cyber Public Relation di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Yayasan Alzheimer Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D1219043
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.