Penulis Utama : Hafizh Nurfitri Utami
NIM / NIP : K1517035
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi tingkat keselamatan pada perlintasan sebidang sesuai dengan pedoman teknis perlintasan sebidang antara jalan dengan jalur kereta api. Aspek-aspek tersebut meliputi geometri jalan, prasarana perlintasan, volume harian rata-rata kendaraan yang melintasi perlintasan sebidang, dan jarak pandang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perlintasan sebidang yang berdasa di Kota Surakarta. Sampel yang terpilih adalah perlintasan sebidang yang berada pada ruas jalan R.M.Said Kota Surakarta atau di JPL 94 KM 108+795 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan survei di lapangan mengenai geometri jalan, prasarana perlintasan, volume harian rata-rata kendaraan yang melintasi perlintasan sebidang, dan jarak pandang. analisis dan pembahasan data dilakukan berdasarkan SK Dirjen 770 Tahun 2005 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kondisi geometrik perlintasan sebidang pada ruas jalan R.M.Said Kota Surakarta belum memenuhi pedoman teknis perlintasan sebidang SK Dirjen 770 Tahun 2005; (2) kondisi prasarana tidak memenuhi pedoman teknis perlintasan dan besarnya nilai smpk yaitu sebesar 156.105,6 smpk menyebabkan perlintasan tergolong tidak aman; (3) jarak pandang yang aman bagi pengendara pada perlintasan sebidang pada ruas jalan R.M.Said Kota Surakarta dari arah tenggara adalah 198,681 m karena pada jarak tersebut kereta pada jarak 100,682 m dari perlintasan dan jarak pandang yang aman bagi pengendara dari arah barat laut adalah 192,556 m karena pada jarak tersebut kereta pada jarak 98,523 dari perlintasan.

Kata Kunci : geometrik perlintasan sebidang, prasarana perlintasan sebidang, volume kendaraan, jarak pandang, SK Dirjen 770 Tahun 2005.

 

×
Penulis Utama : Hafizh Nurfitri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517035
Tahun : 2021
Judul : Studi Keselamatan Transportasi Perlintasan Sebidang Antara Jalan Kereta Api dengan Ruas Jalan R.M. Said Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1517035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
2. Kundari Rahmawati, S.Pd., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.