Penulis Utama : Nurul Asmahul Sholihah
NIM / NIP : K7114123
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada atau tidaknya perbedaan keterampilan menulis pantun antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match; (2) ada atau tidaknya perbedaan keterampilan menulis pantun antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalrejo yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk keterampilan menulis pantun dan teknik angket untuk motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan keterampilan menulis pantun siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match, yang ditunjukkan dengan FA = 6,55 > Ftabel = 4,09; (2) ada perbedaan keterampilan menulis pantun siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, yang ditunjukkan dengan FB = 45,74 > Ftabel = 4,09; (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun siswa, yang ditunjukkan dengan FAB = 4,17 > Ftabel = 4,09. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap keterampilan menulis pantun.


Kata Kunci : Think Talk Write, Make A Match, motivasi belajar, keterampilan menulis pantun.

 

×
Penulis Utama : Nurul Asmahul Sholihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114123
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Pantun (Penelitian Eksperimen Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7114123
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dra. Lies Lestari, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.