Penulis Utama : Dede Ayu Andika Putri
NIM / NIP : H0416017
×

Indonesia merupakan salah satu negara maritime di dunia dengan kekayaan sumberdaya laut yang melimpah. Produksi perikanan di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 7,53 juta ton per tahun. Meskipun tergolong tinggi akan tetapi kehidupan masyarakat nelayan terutama nelayan kecil selalu identik sebagai masyarakat yang miskin. Salah satu wilayah di Indonesia yang masyarakatnya masih banyak bekerja sebagai masyarakat nelayan terutama nelayan kecil adalah Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Masyarakat nelayan di Kelurahan Muarareja tergolong aktif berpartisipasi dalam suatu jaringan kelompok. Salah satu jaringan kelompok tersebut bernama Kelompok Usaha Bersama. Partisipasi dalam jaringan merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam modal sosial. Modal sosial dapat diartikan sebagai modal dalam masyarakat yang bersumber dari hubungan sosial masyarakat dalam jaringan kelompok sehingga menimbulkan rasa saling percaya dan norma-norma untuk mencapai tujuan bersama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan, mengetahui kemiskinan yang terjadi serta untuk menemukan modal sosial yang diimplementasikan oleh masyarakat nelayan di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan lokasi penelitian secara purposive dan penentuan informan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Metode analisis data menggunakan metode miles dan huberman serta validasi data menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian, masyarakat nelayan di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal dapat digolongkan menjadi beberapa golongan berdasarkan penguasaan alat tangkap, alat tangkap yang digunakan serta kapasitas teknologi, orientasi pasar, dan karakteristik hubungan produksi. Pendidikan nelayan masih rendah karena mereka sudah menjadi nelayan sejak kecil untuk membantu perekonomian keluarga. Hubungan nelayan dengan tengkulak hanya sebatas rekan kerja. Pendapatan nelayan sifatnya fluktuatif dan tidak bisa diprediksi sesuai dengan keadaan alam. pendapatan sampingan diperoleh dari bantuan istri dan usaha lain dari nelayan. Teknologi yang dimiliki meliputi perahu, mesin, dan alat tangkap. Kemiskinan yang terjadi meliputi kemiskinan struktural, kemiskinan kultural, dan kemiskinan alamiah. Adapun modal sosial yang ditemunkan adalah partisipasi dalam jaringan, rasa saling percaya, nilai-nilai budaya lokal, kearifan lokal, rasa empati, resiprositas, semangat gotong-royong, tindakan pro aktif dan solidaritas.

 

×
Penulis Utama : Dede Ayu Andika Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416017
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Modal Sosial Masyarakat Nelayan di Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0416017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S.
2. Dr. Agung Wibowo S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.