Penulis Utama : Hambawloh Amalia Balqistiningtyas
NIM / NIP : K1217028
×

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) analisis struktur novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari, (2) analisis psikologis tokoh novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari, (3) nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari, dan (4) relevansi novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian content analysis (analisis isi). Sumber data pada penelitian ini yaitu dokumen dan informan. Penelitian ini menggunakan novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari dan hasil instrumen penilaian bahan ajar sebagai data. Data penelitian ini juga didapat melalui hasil wawancara dari informan seperti guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XII. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan subjek penelitian purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Teknik triangulasi adalah uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat struktur novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari seperti unsur intrinsik yang lengkap dan saling berkaitan, di antaranya tema yang diangkat yaitu tema sosial, alur yang digunakan adalah alur campuran, tokoh/penokohan utama yang diteladani adalah Bianca Dominique (protagonis), latar tempat yang digunakan yaitu Jogjakarta dan Jakarta, latar waktu yang digunakan yaitu masa jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA), masa pergantian waktu dalam satu hari (pagi, siang, sore, dan malam), dan satuan waktu (minggu, bulan, tahun), sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona ketiga, gaya bahasa yang terdapat dalam novel yaitu majas hiperbola dan personifikasi, dan amanatnya pantang menyerah, menjaga diri dari pergaulan bebas, dan bertanggung jawab; (2) terdapat kepribadian sehat yang dimiliki Bianca sebagai tokoh utama dalam novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari yaitu, (a) perluasan perasaan diri, (b) memiliki hubungan diri yang hangat dengan orang-orang lain, (c) terjaminnya keamanan emosional, (d) memiliki persepsi realistis, (e) memiliki keterampilan-keterampilan dan tugas-tugas, (f) memiliki pemahaman diri, dan (g) memiliki filsafat hidup yang mempersatukan; (3) terdapat 10 nilai pendidikan karakter di dalam novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (4) terdapat relevansi dan kesesuaian antara novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari dengan materi pembelajaran sastra di SMA karena telah memenuhi aspek dan kriteria bahan ajar yang baik.

Kata kunci:  struktur novel, psikologi tokoh, nilai pendidikan karakter, materi pembelajaran sastra

 

×
Penulis Utama : Hambawloh Amalia Balqistiningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217028
Tahun : 2021
Judul : Analisis Psikologis Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Raksasa dari Jogja Karya Dwitasari Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217028
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.