Penulis Utama : Alse Ona Sabat
NIM / NIP : S852002002
×

Alse Ona Sabat. 2022. Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran OIDDE untuk Meningkatkan Literasi Matematis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Aljabar Kelas VII SMP. Tesis. Pembimbing: Dr. Mardiyana, M.Si. Kopembimbing: Dr. Ikrar Pramudya, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Literasi matematika adalah pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran OIDDE untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik SMPN 20 Surakarta pada materi Bentuk Aljabar dilihat dari aspek valid, praktis dan efektif.

Prosedur pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 20 Surakarta dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Analisis data untuk menguji kelayakan modul meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Validitas modul divalidasi oleh validator ahli materi dan media. Kepraktisan e-modul dinilai oleh guru dan peserta didik menggunakan angket respon guru dan peserta didik. Uji keefektifan e-modul diuji melalui membandingkan hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji t pada uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pengembangan e-modul matematika berbasis model pembelajaran OIDDE untuk peserta didik kelas VII SMP telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, hasil validasi media menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan dikatakan sangat valid dilihat dari rerata yang diperoleh adalah 4,25, hasil validasi materi menyatakan bahwa e-modul yang dikembangkan dikatakan sangat valid dilihat dari rerata yang diperoleh adalah 4,194, hasil angket respon guru dan peserta didik menyatakan bahwa e-modul memberikan kriteria praktis jika dilihat dari rerata yang diperoleh adalah 4,033 dan 4,367, dan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis model pembelajaran OIDDE merupakan modul yang efektif.

×
Penulis Utama : Alse Ona Sabat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002002
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Oidde untuk Meningkatkan Literasi Matematis Peserta Didik pada Pokok Bahasan Aljabar di Kelas VII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : e-modul, kemampuan literasi matematis, model pembelajaran OIDDE, aljabar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.atlantis-press.com/article/125964024.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Penguji : 1. Dr. Riyadi, M.Si
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd
Catatan Umum : Tesis ini adalah hasil karya dari penulis sendiri bukan orang lain, semoga bermanfaat bagi pembaca dan peneliti lain. Terima kasih.
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.