Penulis Utama : Hendra Ramadhan
NIM / NIP : K4516024
×

Hendra Ramadhan. K4516024. IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 8 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Januari 2022.

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berkomunikasi tertulis; (2) mengidentifikasi profil keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas VIII di SMP N 8 Surakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes keterampilan berkomunikasi tertulis yang terdiri atas 48 soal yang mengacu pada 12 indikator yaitu: (1) mendeskripsikan data dengan berbagai cara; (2) mendeskripsikan hubungan antar data; (3) memahami arti dari data yang disajikan dengan berbagai cara; (4) melihat isi materi atau data melalui beberapa sudut pandang; (5) menunjukkan kebenaran dari data atau pendapat; (6) membedakan fakta dan kesimpulan; (7) mengklarifikasi data yang rancu; (8) mengklarifikasi pernyataan dari orang lain; (9) menanggapi pernyataan kalimat yang belum jelas; (10) memisahkan ide yang berbeda antara pernyataan sendiri dengan orang lain; (11) memperbaiki pendapat sendiri; (12) menarik kesimpulan umum. Penelitian dilakukan di SMP N 8 Surakarta. Keseluruhan jumlah subjek penelitian sebanyak 250 siswa. Data yang diperoleh diuji menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik soal yang digunakan untuk mengukur keterampilan berkomunikasi tertulis yaitu instrumen tes berupa soal uraian yang berjumlah 48 pertanyaan dalam bank soal berdasarkan pada 12 indikator keterampilan berkomunikasi tertulis menurut Por Chang (2011) (2) Profil keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas VIII pada materi pencemaran lingkungan di SMP N 8 Surakarta sebagai berikut: 1) mendeskripsikan data dengan berbagai cara sebesar 54,23% (sedang); 2) mendeskripsikan hubungan antar data sebesar 54,53% (sedang); 3) memahami arti dari data yang disajikan dengan berbagai cara sebesar 65,8% (tinggi); 4) melihat isi materi atau data melalui beberapa sudut pandang sebesar 62,68% (tinggi); 5) menunjukkan kebenaran dari data atau pendapat sebesar 58,68% (sedang); 6) membedakan fakta dan kesimpulan sebesar 53,6% (sedang); 7) mengklarifikasi data yang rancu sebesar 57,18% (sedang); 8) mengklarifikasi pernyataan dari orang lain sebesar 60,78% (tinggi); 9) menanggapi pernyataan kalimat yang belum jelas sebesar 52,85% (sedang); 10) memisahkan ide yang berbeda antara pernyataan sendiri dengan orang lain sebesar 61,2% (tinggi); 11) memperbaiki pendapat kalimat sendiri sebesar 70,38% (tinggi); 12) menentukkan kesimpulan umum sebesar 66,13% (tinggi). Guru sebaiknya membiasakan siswa untuk mengerjakan soal keterampilan berkomunikasi tertulis.

×
Penulis Utama : Hendra Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4516024
Tahun : 2022
Judul : Identifikasi Keterampilan Berkomunikasi Tertulis Siswa Kelas VIII di SMP N 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : instrumen keterampilan berkomunikasi tertulis; materi pencemaran lingkungan; profil keterampilan berkomunikasi tertulis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suciati, M.Pd.
2. Isma Aziz Fakhrudin, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budi Utami, S.Pd, M.Pd.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si, M.Pd
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.