Penulis Utama : Widya Dwi Hardiyanti
NIM / NIP : K8118073
×

 

Widya Dwi Hardiyanti. K8118073. Pembimbing I: Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum. Pembimbing II: Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi. M.A. PENGARUH PERMAINAN SCRATCHJR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH XI SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

Kemampuan berpikir komputasional dianggap penting untuk setiap individu supaya dapat beradaptasi dengan perkembangan di zaman era digital yang semakin canggih. Oleh karena itu, kemampuan berpikir komputasional perlu dikembangkan sejak anak usia dini dengan melalui permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ScratchJr terhadap kemampuan berpikir komputasional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah XI Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dengan tipe non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling total. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B2 TK Aisyiyah XI sebanyak 11 anak dalam kelompok eksperimen dan kelompok B1 TK Aisyiyah XI sebanyak 11 anak dalam kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes unjuk kerja. Uji normalitas menggunakan shapiro wilk berbantuan SPSS 20 for windows dan uji homogenitas menggunakan levene’s test for equality of variences berbantuan SPSS 20 for windows. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test berbantuan SPSS 20 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen yang menggunakan permainan ScratchJr nilainya 23,45 sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok kontrol yang menggunakan permainan Puzzle nilainya 18,64. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan signifikansi 0,005 dengan dasar pengambilan keputusan p<0>post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terdapat perbedaan signifikan, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh permainan ScratchJr.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan ScratchJr terhadap kemampuan berpikir komputasional anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah XI Surakarta. Penelitan yang telah dilaksanakan anak mampu menerapkan aspek indikator komponen kemampuan berpikir komputasional yang meliputi algoritma, debugging, representasi, struktur kontrol, proses desain, dekomposisi atau modularitas, hardware, dan software.

×
Penulis Utama : Widya Dwi Hardiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8118073
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Permainan ScratchJr terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah XI Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : ScratchJr, kemampuan berpikir komputasional, anak usia 5-6 tahun.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi. M.A.
Penguji : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd.
2. Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.