Penulis Utama : Riyantika Saraswati
NIM / NIP : K1218062
×

Riyantika Saraswati. K1218062. GAYA BAHASA DAN NILAI PENDIDIKAN PADA ANTOLOGI CERPEN SEBUAH KITAB YANG TAK SUCI KARYA PUTHUT E.A. DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

Dalam antologi cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci karya Puthut E.A. terdapat 10 cerpen yang di dalamnya bercerita tentang manusia-manusia tanpa nama yang memiliki riwayat gelap dari kehidupan di negeri antah-berantah. Peneliti membatasi analisis pada sembilan cerpen dari segi gaya bahasa dan nilai pendidikan serta relevansinya sebagai materi ajar di SMA.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) gaya bahasa yang digunakan oleh Puthut EA dalam antologi cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci, (2) nilai-nilai pendidikan yang digunakan pengarang dalam antologi cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci, serta (3) relevansi gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode content analysys. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumen berupa kumpulan cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci cetakan ke-4 dan informan yaitu guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas XI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis mengalir, yang meliputi tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dalam cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci karya Puthut E.A digunakan beberapa gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu: (a) perbandingan meliputi simile, personifikasi, depersonifikasi, metafora, alegori, pleonasme, perifrasis, (b) gaya bahasa pertautan meliputi erotesis, asindeton, polisindeton, (c) gaya bahasa pertentangan meliputi hiperbola, paradoks, oksimoron, klimaks, antiklimaks, serta (d) gaya bahasa perulangan meliputi mesodiplosis, anafora. Berdasarkan hasil analisis nilai pendidikan yang terdapat pada cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci meliputi empat nilai, yaitu (a) agama, (b) moral, (c) sosial, dan (d) budaya. Cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci relevan untuk digunakan sebagai materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA karena sesuai dengan tujuan pembelajaran yang terdapat pada kurikulum.

×
Penulis Utama : Riyantika Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218062
Tahun : 2022
Judul : Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan pada Antologi Cerpen Sebuah Kitab yang Tak Suci karya Puthut E.A. dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : cerita pendek, gaya bahasa, materi ajar, nilai pendidikan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Sugit Zulianto, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Nugraheni Eko W., M.Hum.
2. Drs. Slamet, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.