Penulis Utama : Nur Baiti Salma
NIM / NIP : K1316045
×

Nur Baiti Salma. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI FUNGSI KOMPOSISI BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH KRULIK DAN RUDNICK PADA KELAS XI MIA 5 SMA N 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Krulik dan Rudnick pada peserta didik kelas XI MIA 5 pada materi fungsi komposisi. Kemudian, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis berdasakan langkah pemecahan masalah Krulik dan Rudnick.

Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah enam peserta didik dari dua subjek setiap kategori. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan metode wawancara. Pada penelitian ini, uji validitas menggunakan triangulasi metode. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan, yaitu mampu mengungkap fakta yang diketahui dalam soal, mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mampu mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda, mampu memilih metode atau konsep, yang logis, relevan dan akurat, mampu menyelesaikan masalah berdasarkan metode yang telah dipilih, dan mampu menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil sebagai suatu keputusan. Langkah pemecahan masalah yang digunakan menurut Krulik dan Rudnick adalah membaca, mengeksplorasi, memilih suatu strategi, penyelesaian dan meninjau kembali dan mendiskusikan.

Hasil penelitian ini peserta didik yang menjadi subjek penelitian dalam mengerjakan ketiga soal tidak sama dalam memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis.  Sehingga bervariasi dalam setiap tingkatan soal. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu faktor pembiasaan dan latihan, faktor metode pengajaran dan faktor situasi accountable.

×
Penulis Utama : Nur Baiti Salma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316045
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Materi Fungsi Komposisi Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Krulik dan Rudnick pada Kelas XI MIA 5 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, langkah pemecahan Krulik dan Rudnick, fungsi komposisi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si, M.Si
2. Arum Nur Wulandari, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd, M.Pd.
2. Henny Ekana C, S.Si, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.