Penulis Utama : Mentari Fiuna Zulfa Salsabilla
NIM / NIP : D1418026
×

Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM) sebagai persyaratan wajib kelulusan untuk mendapatkan gelar A.Md. Maka dari itu penulis diwajibkan melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. Dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan di bidang penyiaran, penulis memilih stasiun televisi di PT. Yogyakarta Tugu Televisi (JOGJA TV) yang beralamat di Jl. Wonosari Km. 9 Sendangtirto, Brebah, Sleman, Yogyakarta. Penulis melaksanakan kegiatan magang selama kurang lebih 2 bulan. Terhitung mulai dari tanggal 1 Februari sampai dengan 31 Maret 2021.
Alasan penulis memilih untuk magang di JOGJA TV karena merupakan televisi lokal pertama di daerah Yogyakarta, sehingga JOGJA TV mempunyai pengalaman yang lebih dibandingkan dengan stasiun televisi lainnya. Menurut penulis, melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) di stasiun televisi lokal, penulis mampu belajar dari nol sebelum terjun ke stasiun televisi nasional. Dengan pengalaman jurnalistik yang penulis dapatkan dari bangku perkuliahan, penulis memilih divisi news dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) di JOGJA TV.
Selama 2 bulan menjalankan Kuliah Kerja Media (KKM) di JOGJA TV penulis memiliki tugas untuk membantu produser news Seputar Jogja Malam. Pembagian jadwal magang, dibagi dalam 2 shift yaitu shift pagi dan shift sore, untuk shift pagi hingga siang kegiatan yang penulis lakukan seperti membuat perkiraan cuaca, cek berita masuk dari kontributor daerah melalui email resmi JOGJA TV, voice over berita seputar jogja malam yang akan tayang pada malam hari, membuat konten berita ringan per hari yang biasanya akan diupload di media sosial JOGJA TV, lalu berkoordinasi dengan editor news dengan menyerahkan sript hasil voice over untuk di edit oleh editor. Sedangkan untuk shift sore hingga malam tugas yang diakukan oleh penulis  adalah voice over berita jika di perlukan untuk berita besok atau berita hari ini yang masih hangat, lalu membuat rundown dan juga teleprompter yang akan dijadikan acuan membaca berita untuk presenter. Memastikan kehadiran presenter hingga mendampingi presenter sampai dengan selesai program berita. Dalam hal ini penulis dapat menarik kesimpulan, bahwa untuk dapat mengetahui proses produksi suatu acara hingga layak untuk ditayangkan penulis harus mengamati cara kerja kru televisi dari mulai pra produksi hingga pasca produksi.
Kata Kunci : Media Penyiaran, Televisi, Program acara,  News, Asisten Produser, Proses Produksi.

 

×
Penulis Utama : Mentari Fiuna Zulfa Salsabilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1418026
Tahun : 2021
Judul : Proses Produksi Berita “Seputar Jogja Malam” di PT. Yogyakarta Tugu Televisi (Jogja TV)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1418026
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ina Primasari, S.I.Kom.,M.I.Kom
Penguji : 1. Mahfud Ansori, S.Sos., M.Si.
2. Annisaa Fitri, S.I.Kom., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.