Penulis Utama : Eka Damayanti
NIM / NIP : D1518032
×

Di dalam laporan tugas akhir ini, penulis membahas mengenai “Prosedur Pelaksanaan Impor Bahan Baku Kain pada PT Sari Warna Asli”. PT Sari Warna Asli merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri tekstil. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan impor bahan baku kain pada PT Sari Warna Asli, mengetahui dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan impor bahan baku kain, mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan impor bahan baku kain, dan mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan impor bahan baku kain pada PT Sari Warna Asli.
Metode pengamatan yang digunakan adalah menggunakan jenis pengamatan observasi berperan yaitu penulis memilih metode pengamatan observasi berperan aktif. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah seperti wawancara dengan pihak PT Sari Warna Asli, observasi, mengkaji dokumen dan arsip, dan hasil perekaman. Lokasi penelitian dilakukan di PT Sari Warna Asli yang berlokasi di Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar.
Hasil pengamatan yaitu prosedur pelaksanaan impor bahan baku kain pada PT Sari Warna Asli sudah berlangsung dengan baik, dokumen yang diperlukan dalam proses impor bahan baku kain yaitu purchase order, sales contract, invoice, packing list, Bill of Lading/Air Way Bill, manifest, BC 2.3, Certificate of Origin dan SPPB Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan impor pada PT Sari Warna Asli seperti keterlambatan pengiriman dokumen oleh pihak eksportir dan pihak forwarder dalam pengurusan SPPB di pelabuhan terhitung lambat, mengakibatkan barang impor menjadi lama dalam lokasi penimbunan yang akan mengakibatkan pengiriman barang dari pelabuhan ke gudang perusahaan menjadi terlambat. Solusi terhadap hambatan yang terjadi dalam proses impor bahan baku kain pada PT Sari Warna Asli tersebut diatas adalah sebaiknya pihak PT Sari Warna Asli  setiap hari harus follow up pihak shipper terus-menerus untuk segera dikirimkan shipping document agar tidak mengalami keterlambatan pengiriman dan dapat segera melakukan proses pengeluaran barang di pelabuhan. Mengatasi keterlambatan pengurusan SPPB, seharusnya pihak importir harus melakukan monitoring secara ketat kepada pihak forwarder mengingat semakin lama barang tertimbun di pelabuhan maka akan semakin banyak biaya yang harus dibayarkan.

 

×
Penulis Utama : Eka Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518032
Tahun : 2021
Judul : Prosedur Pelaksanaan Impor Bahan Baku Kain pada PT Sari Warna Asli
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518032
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos, M.Si
Penguji : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos, M.Si
2. Tiyas Nur Haryani, S.Sos, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.