Penulis Utama : Aulia Nurmalitasari
NIM / NIP : K1317008
×

Aulia Nurmalitasari. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI MOBILE MATERI PERSAMAAN dan PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL di SMP NEGERI 4 MAGELANG. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2022. 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan e-modul berbasis aplikasi mobile; (2) mengetahui kevalidan e-modul berbasis aplikasi mobile pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel; (3) mengetahui kepraktisan e-modul berbasis aplikasi mobile pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel; (4) mengetahui efektivitas penggunaan e-modul berbasis aplikasi mobile pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian Research  and Development (RnD). 

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah  ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan),  Development   (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket kebutuhan guru dan peserta didik, angket uji validasi e-modul untuk ahli media dan ahli materi untuk menentukan kevalidan e-modul, angket respon penggunaan e-modul guru dan siswauntuk mengetahui kepraktisan e-modul, dan  tes hasil belajar untuk menentukan keefektifan e-modul. Implementasi e-modul berbasis aplikasi mobile dilakukan pada kelas VII E SMP Negeri 4 Magelang.

 E-modul berbasis aplikasi mobile valid. Berdasarkan hasil penilaian validator materi, diperoleh pada aspek kelayakan isi dan aspek kebahasaan termasuk pada kategori layak, sedangkan aspek penyajian termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli media, diperoleh pada aspek kegrafikan dan aspek kelayakan media elektronik  termasuk pada kategori sangat layak. E-modul berbasis aplikasi mobile praktis. Hal ini ditunjukan dari hasil penilaian dari angket respon pengguna untuk guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh bahwa skor pada aspek kemenarikan dan aspek kebermanfaatan termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian peserta didik, diperoleh pada aspek kemenarikan termasuk kategori sangat layak dan aspek kebermanfaatan termasuk kategori layak. E-modul berbasis aplikasi mobile efektif. Berdasarkan hasil tes hasil belajar dan melalui uji-t didapatkan rerata hasil belajar Matematika siswapada kelas eksperimen lebih baik dari rerata hasil belajar Matematika siswapada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis aplikasi mobile valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran Matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. 

×
Penulis Utama : Aulia Nurmalitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317008
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Mobile Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 4 Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : E-modul, mobile, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Laila Fitriana, S.Pd, M.Pd
2. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Triyanto, M.Si
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.