Penulis Utama : Elyana Meira Widi Asmara
NIM / NIP : D1519034
×

ELYANA MEIRA WIDI ASMARA, D1519034, “PROSEDUR KLAIM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG KLATEN”, Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2022. 66 Halaman.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan salah satu program jaminan yang ada di BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan dari risiko kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh pekerja. Peserta perlu memahami bagaimana prosedur klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten. Adapun manfaat dari JKK adalah santunan uang tunai dan pelayanan kesehatan. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana prosedur klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten.

Metode pengamatan yang digunakan adalah pengamatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen serta arsip.

Berdasarkan hasil pengamatan penulis di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten, prosedur yang digunakan dalam klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sudah sesuai dengan peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Berikut tahapan dalam melakukan klaim JKK. Pertama peserta melakukan laporan tahap I, laporan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa peserta benar-benar mengalami kecelakaan kerja. Selanjutnya BPJS Ketenagakerjaan melakukan validasi berkas yang diserahkan pada laporan tahap I. Setelah laporan dinyatakan diterima, kemudian dilanjutkan dengan laporan tahap II. Laporan tahap II digunakan sebagai dasar dalam menentukan besaran santunan yang akan diberikan kepada peserta. Selanjutnya akan dilakukan pengecekan berkas persyaratan laporan tahap II. Berdasarkan berkas yang diserahkan pada laporan tahap II, maka akan dilakukan penghitungan jumlah manfaat yang diberikan kepada peserta.  Setelah itu dilanjutkan dengan penetapan jumlah manfaat dan terakhir dilakukan pembayaran kepada nomor rekening penerima.

Kata Kunci: Prosedur, Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja.

 

×
Penulis Utama : Elyana Meira Widi Asmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519034
Tahun : 2022
Judul : Prosedur Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Prosedur, Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.