Penulis Utama : Oka Shandya Setiawan
NIM / NIP : D1618029
×

Penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Magang Mahasiswa (KMM) di Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah D.I. Yogyakarta. Proses magang telah dilaksanakan selama dua bulan terhitung mulai 20 Februari-23 April 2021. Pelaksanaan KMM merupakan kegiatan akademik mahasiswa Diploma III Komunikasi Terapan guna memperoleh gelar A.Md.
BP2JK Wilayah D.I. Yogyakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis Pengadaan Barang/Jasa (UPTPBJ) yang memiliki tugas penting untuk melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat secara efektif, efisien, transparan, berkualitas dan akuntabel. Untuk mencapai tujuan dan hasil pengadaan barang/jasa tersebut tentu aktivitas publikasi dalam ruang lingkup public relations dapat menjadi media/saluran yang mendukung. Sehingga penulis tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut terkait penerapan aktivitas public relations di instansi pemerintahan.
Salah satu ruang lingkup public relation yang muncul di BP2JK Wilayah D.I. Yogyakarta adalah aktivitas publikasi sebagai penyebarluasan informasi dan komunikasi publik. Kriyantono memberikan pengertian publisitas sebagai seluruh aktivitas yang dilaksanakan dalam rangka mengenalkan organisasi dan produknya kepada publik luas dengan saluran media massa.
Dengan perkembangan teknologi komunikasi muncul media-media baru seperti media sosial. Pienrasmi memberikan pernyataan bahwa media sosial adalah hasil perkembangan teknologi yang memunculkan kegiatan pertukaran berbagai konten baik berupa karya gagasan pemikiran keresahan yang bersifat modern.
Sehingga dalam pelaksanaan KMM, penulis banyak melakukan aktivitas publikasi kegiatan dan informasi melalui pengelolaan media sosial instagram, didukung dengan media cetak profil instansi dan Xbanner. Penulis dapat menyimpulkan bahwa praktik aktivitas publikasi di BP2JK Wilayah D.I. Yogyakarta diperlukan guna memperoleh pengertian dan sikap masyarakat luas sehingga terciptanya instansi yang transparan dan citra yang positif. Serta menjalin hubungan yang baik dengan publik luas

Kata kunci: public relations, publikasi, media sosial

 

×
Penulis Utama : Oka Shandya Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1618029
Tahun : 2021
Judul : Peningkatan Publikasi Kegiatan di Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Instagram
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1618029
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto, S.Sn., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.