Penulis Utama : Ridha Ajeng Aprilia
NIM / NIP : K4317054
×

Ridha Ajeng Aprilia. K4317054. PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PRAKTIKUM UJI KARBOHIDRAT MAKANAN UNTUK SISWA SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran virtual lab dalam praktikum uji makanan dari hasil pengembangan media yang dilakukan (2) mendeskripsikan keterlaksanaan virtual lab dalam praktikum uji makanan dari hasil pengembangan media yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Eval. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA 94 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian angket. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan Microsoft Excel dan menggunakan model Racsh dibantu oleh aplikasi Winstep. Hasil analisis data kuantitatif diinterpretasikan menjadi data kualitatif dan hasil koreksi, saran, dan kritik yang diberikan oleh dosen ahli, guru biologi, dan siswa terhadap media virtual lab. Hasil penelitian didapatkan kurangnya durasi pembelajaran, kegiatan praktikum terhambat karena keharusan menjaga jarak, kurangnya  media pembelajaran yang membantu menunjang kegiatan praktikum. Pengembangan media pembelajaran virtual lab dengan articulate storyline menjadi solusi sebagai upaya dalam keterlaksanaan kegiatan praktikum dengan fleksibel. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan praktisi lapangan. Validasi media pembelajaran virtual lab dilakukan melalui pengisian angket menggunakan skala likert dengan lima skala. Hasil validasi kemudian diolah dengan teknik perhitungan rata-rata menghasilkan validasi ahli materi adalah 90,90%, validasi ahli media 75,15%, dan validasi praktisi lapangan 100%. Data respon siswa didapatkan melalui pengisisan angket menggunakan skala likert dengan lima skala. Data respon siswa dianalisis dengan model Rasch. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran virtual lab menunjukan reabilitas 0,96, tingkat kesulitan item (item measure) yang terbagi rata menjadi empat kategori (sangat sulit disetujui, sulit disetujui, mudah disetujui, dan sangat mudah disetujui), dan kualitas butir item (item fit order) valid (terpenuhi dan sesuai).
Kata Kunci: research and development, rasch, media pembelajaran, virtual laboratorium, dan virtual lab. 

 

×
Penulis Utama : Ridha Ajeng Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317054
Tahun : 2022
Judul : Penyusunan Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Praktikum Uji Karbohidrat Makanan Untuk Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : research and development, rasch, media pembelajaran, virtual laboratorium, dan virtual lab.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno
Penguji : 1. Prof. Dr. rer nat. Sajidan, M.Si.
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.