Penulis Utama : Harsiti
NIM / NIP : K4218027
×

Harsiti. K4218027. KAJIAN BUDAYA JAWA DAN NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM ANTOLOGI GEGURITAN LATHI KARYA EKO WAHYUDI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengetahuan mengenai unsur budaya Jawa dan menanamkan nilai pendidikan budi pekerti kepada peserta didik, salah satunya melalui karya sastra Jawa geguritan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur budaya Jawa yang terkandung dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi; (2) mendeskripsikan nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi; (3) mendeskripsikan relevansi unsur budaya Jawa dan nilai pendidikan budi pekerti dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi sebagai materi ajar di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan antropologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Teknik uji validitas data berupa triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data mengalir atau interaktif yang terdiri dari empat komponen: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan simpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) unsur budaya Jawa dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi meliputi: bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian; (2) nilai pendidikan budi pekerti dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi meliputi: religiositas, sosialitas, keadilan, demokrasi, kejujuran, kemandirian, daya juang, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap lingkungan; (3) geguritan dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi relevan apabila dijadikan sebagai materi ajar di SMA kelas XII semester gasal sesuai dengan Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar 3.2 menelaah teks geguritan dan 4.2 menulis geguritan dan membacanya karena memenuhi 3 aspek yakni dari sudut bahasa, tingkat perkembangan jiwa peserta didik, dan latar belakang budaya peserta didik. Selain itu, geguritan dalam antologi geguritan Lathi karya Eko Wahyudi mengandung nilai pendidikan budi pekerti yang dapat dijadikan contoh bersikap oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

×
Penulis Utama : Harsiti
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K4218027
Tahun : 2022
Judul : Kajian Budaya Jawa dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Antologi Geguritan Lathi Karya Eko Wahyudi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Unsur budaya, nilai pendidikan, budi pekerti, antologi geguritan Lathi, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.