Penulis Utama : Anisa Elviana
NIM / NIP : B3218008
×

Transportasi pariwisata memilliki hubungan erat dalam mewujudkan kegiatan berwisata yang nyaman dan menyenangkan. Sehingga banyak moda transportasi yang lahir dan dikemas daya tariknya masing-masing untuk menambah citra pariwisata dan membuat wisatawan memiliki rasa ingin menggunakan transportasi pariwisata. Tugas akhir ini mendeskripsikan tentang pemasaran daya tarik kereta wisata dalam upaya meningkatkan jumlah pengguna kereta wisata..
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu cara mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan kemudian memberikan gambaran sesuai keyataan pada watu penelitian agar dapat ditampilkan menjadi lebih ilmiah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penulisan laporan Tugas Akhir ini yaitu observasi lapangan secara langsung di Stasiun Gambir dan Dipo Stasiun Jakarta Kota, wawancara, studi dokumen arsip perusahaan, serta srudi pustaka sebagai tambahan informasi dan ilmu dari sumber yang berbeda.
Hasil dari peneltian ini adalah hasil menganalisa daya tarik yang dimiliki kereta wisata yakni memiliki nilai keunian, keindahan dan fasilitas yang mewah, hasil menganalisis pemasaran kereta wisata yang diterapkan oleh perusahaan seperti mengikuti pameran, mengoptimalkan pemasaran melakui media sosial, dan hasil selanjutnya adalah  memberikan inovasi mengenai pemasaran kereta wisata agar penggunaan kereta wisata meningkat dengan cara bersinergi pembuatan voucher untuk BUMN, pembuatan paket wisata include dari penjualan tiket kereta wisata.
Kesimpulan dari penelitian ini, kereta wisata memiliki daya tarik yang beragam, mulai dari desain interiornya hingga fasilitasnya. Strategi pemasaran kereta wisata yang diterapkan oleh perusahaan belum memiliki perubahan saat kondisi permintaan penggunaan kereta wisata  menurut akibat dari pandemi, dan inovasi strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengguna kereta wisata bisa ditambahkan dengan mengubah konsep yang lebih menarik perhatian masyarakat, dan telah terdapat beberaa inovasi yang disarankan kepada PT Kereta Api Pariwisata.

Kata kunci : Pemasaran, Kereta wisata,  Daya Tarik, Transportasi, PT Kereta Api Pariwisata

 

×
Penulis Utama : Anisa Elviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218008
Tahun : 2021
Judul : Pemasaran Daya Tarik Kereta Wisata dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Kereta Wisata (Studi Kasus pada Kereta Wisata dari Perusahaan PT Kereta Api Pariwisata)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218008
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
2. Tomi Agfianto, S.ST., M.Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.