Penulis Utama : Inke Oktafiani
NIM / NIP : K7118119
×

Inke Oktafiani. K7118119. PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SDN SEKECAMATAN GUMELAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok; (2) pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar sedang terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok; dan (3) pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V SDN se-Kecamatan Gumelar tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupkan penelitian kuantitatif jenis expost facto dengan metode regresi linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 670 siswa. Sampel penelitian berjumlah 252 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat yang dilakukan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan kebiasaan belajar tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V dengan nilai signifikasi 0,000 ? 0,05. Sedangkan berdasarkan nilai t dengan t tabel 1,983 ternyata nilai t hitung ?  t tabel atau 6,058 ? 1,983. Kebiasaan belajar sedang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V nilai signifikasi 0,000 ? 0,05, sedangkan berdasarkan nilai t dengan t tabel 1,980 ternyata nilai t hitung ? t tabel atau 5,412 ? 1,980. Kebiasaan belajar rendah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V SDN se-Kecamatan Gumelar tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai signifikasi (0,011 ? 0,05), dan berdasarkan nilai t dengan t tabel 2,086 ternyata nilai t hitung ? t tabel atau 2,814 > 2,086. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) kebiasaan belajar tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V dengan nilai signifikasi 0,000, dan nilai t hitung 6,058; (2) kebiasaan belajar sedang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V dengan nilai signifikasi 0,000, dan t tabel 5,412; dan (3) kebiasaan belajar rendah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok kelas V SDN se-Kecamatan Gumelar tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai signifikasi 0,011 dan nilai t hitung 2,814, sehingga semakin tinggi kebiasaan belajar maka kemampuan berpikir kritis yang dimiiki akan semakin baik, begitu sebaliknya semakin rendah kebiasaan belajar seseorang maka kemampuan berpikir kritis yang dimiliki akan semakin kurang.
Kata kunci: kebiasaan belajar, kemampuan berpikir kritis

×
Penulis Utama : Inke Oktafiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118119
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Se-Kecamatan Gumelar Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kebiasaan belajar, kemampuan berpikir kritis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.