Penulis Utama : Epafroditus Pramu Sandika
NIM / NIP : D0116025
×

Kemiskinan masih menjadi polemik yang ada di semua negara tidak terkecuali di Indonesia. Untuk dapat mengatasi kemiskinan yang ada, pemerintah Indonesia mengeluarkan beragam kebijakan dan program salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang dituju kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang ditetapkan sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dengan pemberian bantuan dana bersyarat. Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Bejiharjo dilihat dari aspek efektivitas, pemerataan dan responsivitas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu beberapa orang informan dan sumber data sekunder berasal dari dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interktif dan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Bejiharjo dilihat dari aspek efektivitas, pemerataan dan responsivitas sebagai berikut : Pada aspek efektivitas, hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan masih belum efektif, dilihat dari beberapa tujuan program seperti meningkatkan pendapatan KPM dan mengenalkan manfaat produk keuangan formal kepada masyarakat. Pada aspek pemerataan, didapatkan hasil bahwa Program Keluarga Harapan telah  merata keseluruh target sasaran program yakni masyarakat dan juga telah merata ke seluruh wilayah Desa Bejiharjo. Dari aspek responsivitas dapat simpulkan bahwa Program Keluarga Harapan telah responsif dalam memenuhi dan mencukupi kebutuhan Keluarga Penerima Harapan dalam proses sosialisasi yang dilaksanakan, mekanisme pelaporan dan keluhan serta proses pengambilan dana bantuan. KPM merasa bahwa dengan PKH ini kebutuhan-kebutuhan sehari-hari mereka bisa lebih bisa tercukupi dibandingkan sebelumnya. Dari sisi pendamping juga mengatakan hal demikian bahwa dengan PKH ini, masyarakat yang tergolong dalam RTSM lebih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka dibandingkan sebelum menerima bantuan.

Kata kunci : evaluasi, Program Keluarga Harapan, efektivitas, pemerataan, responsivitas.

 

×
Penulis Utama : Epafroditus Pramu Sandika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116025
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0116025
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Desiderius Priyo Sudibyo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.