Penulis Utama : Luthfa Nugraheni
NIM / NIP : T841808003
×

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan sebuah impian bagi peserta didik. Peserta didik dapat mempelajari dan mengenal budaya lokal maka dibutuhkan sebuah inovasi baru mengenai penggunaan media pembelajaran cerita rakyat. Wayang beber merupakan seni wayang yang muncul dan berkembang di Jawa. Adanya inovasi media pembelajaran yang unik, diharapakan pula agar peserta didik dapat memahami pembelajaran cerita rakyat dan dapat mengembangkan keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kondisi media pembelajaran yang digunakan, 2) kebutuhan media pembelajaran yang sesuai, 3) hasil pengembangan media pembelajaran cerita rakyat berbasis pendidikan karakter, dan 4) keefektifan media pembelajaran cerita rakyat berbasis pendidikan karakter terhadap keterampilan berbahasa peserta didik Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Rancangan pengembangan yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah rancangan milik Borg and Gall yang terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi, pengembangan dan pengujian. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati dengan sampel empat sekolah yaitu Sekolah Kota Satu dan Dua, Semi Kota Dua, dan Sekolah Desa Satu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi media pembelajaran cerita rakyat yang digunakan di Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati menunjukkan dari enam sekolah tersebut terdapat dua sekolah yang mengaplikasikan media pembelajaran cerita rakyat; 2) Kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan media pembelajaran cerita rakyat yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik adalah diilustrasikan dengan gambar, gambar memiliki kebaharuan, warna cerah, bahasa sederhana, tidak bertele-tele, dialokasikan sesuai waktu pembelajaran, fleksibel, mengandung kearifan lokal Pati, memiliki nilai pendidikan karakter; 3) Hasil pengembangan media pembelajaran cerita rakyat berbasis pendidikan karakter pada peserta didik Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati menunjukkan bahwa media wayang beber Wasis Joyokusumo layak digunakan pada tahap uji terbatas dan skala luas; 4) Media pembelajaran cerita rakyat berbasis pendidikan karakter terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa untuk berpikir secara kritis pada peserta didik Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pati melalui tahap eksperimen.

×
Penulis Utama : Luthfa Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841808003
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Berbasis Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kabupaten Pati
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, cerita rakyat, pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.e-iji.net/
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd
3. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum
Penguji : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum
2. Prof. Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd
Catatan Umum : International Journal of Instruction (Q1) July 2022, Volume 15, Number 3
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.