Penulis Utama : Calvin Mikhailouzna Gibran
NIM / NIP : K3517014
×

Calvin Mikhailouzna Gibran K3517014. Penerapan Delone and Mclean Information System Success Model untuk Mengevaluasi Keberhasilan Adopsi Sistem Akademik Sistem Informasi Akademik Universitas Sebelas Maret. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan sistem informasi akademik di UNS ditinjau dari enam aspek indikator Delone and McLean IS Success Model. (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi untuk langkah lanjutan setelah hasil penelitian keberhasilan Siakad UNS diketahui. (3) Bagaimana strategi untuk langkah lanjutan setelah hasil penelitian keberhasilan Siakad-old.uns.ac.id diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran. Sumber data penelitian ini meliputi kuesioner yang dibagikan secara daring dan wawancara kepada beberapa responden kuesioner yang terpilih. Dalam penelitian ini pengambilan sampel akan dilakukan dengan teknik stratified sampling. Teknik uji validitas yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif menggunakan metode item correlation 1-tailed. Teknik analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pertama pada penelitian kuantitatif ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna serta terdapat pengaruh yang positif antara kepuasan pengguna dengan manfaat bersih. Dari penelitian kuantitatif diketahui bahwa persentase kesuksesan Siakad UNS (dalam hal ini siakad-old.uns.ac.id) sebesar 70,66% sehingga masuk kedalam kriteria sukses. Kedua pada penelitian kualitatif diketahui bahwa lebih dari setengah responden yang diwawancarai (yaitu sebesar 11 orang) memiliki presepsi negatif terhadap Siakad UNS. Hasil penelitian kualitatif menunjukan beberapa permasalahan yang ditemukan diantaranya dalam hal performa, keterbatasan fitur, permasalahan dalam tampilan, permasaahan dalam hal informasi, permasalahan dalam hal layanan, terdapat beberapa celah keamanan. Ketiga Berdasarkan temuan yang didapat dari hasil penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dibentuklah langkah kerja atau strategi yang dapat digunakan pihak UNS selaku pemilik sistem informasi untuk memperbaiki atau mengoptimalkan sistem saat ini yang telah berjalan maupun sistem akademik sejenis yang baru saja berjalan. Strategi maupun langkah kerja ini juga dapat diterapkan dalam merancang sistem sejenis untuk digunakan dimasa mendatang, walaupun untuk mengevaluasinya perlu dilakukan penelitian lanjutan yang berbeda.

 

×
Penulis Utama : Calvin Mikhailouzna Gibran
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3517014
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Delone and Mclean Information System Success Model untuk Mengevaluasi Keberhasilan Adopsi Sistem Akademik Sistem Informasi Akademik Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Delone and Mclean, IS Succcess Model, Evaluasi Sistem Informasi, Evaluasi Sistem Informasi Akademik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Cucuk Wawan Budiyanto, ST., Ph.D
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom
Penguji : 1. Aris Budianto, S.T., M.Eng.
2. Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, S.Kom., M.Cs.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.