Penulis Utama : Selma Andarista
NIM / NIP : D1318033
×

Marketing Communication merupakan bagian yang penting untuk membangun dan mempertahankan bisnis perusahaan. Dalam hal ini, Penulis mengambil judul untuk Tugas akhir yaitu “Aktivitas Marketing Communication di PT Aksara Solopos”. Penulis akan memaparkan bagaimana membangun brand image, brand awareness sertakerja sama dalam membangun komunikasi pemasaran yang baik dengan pembaca, pengiklan, dan mitra kerja.
Untuk dapat mencetak pekerja komunikasi yang berkualitas, maka institusi pendidikan melalui program DIII Komunikasi Terapan Universitas Sebelas Maret turut serta mempersiapkan pekerja komunikasi, khususnya dalam bidang periklanan, penyiaran, dan hubungan masyarakat. Hal ini diharapkan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama perkulihaan dan untuk melengkapi kurikulum serta membekali mahasiswa menghadapi dunia kerja yang nyata. Oleh karena itu, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret berinisiatif untuk melaksanakan studi komunikasi dengan metode praktik yang direalisaikan dalam bentuk Kuliah Kerja Magang (KKM). untuk mempersiapkan tenaga ahli dalam bidang komunikasi.
Dengan pemilihan minat kajian tentang Marketing Communication ini dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu wujud nyata dari kajian teori yang sudahdipelajari selama kuliah. Kemudian Solopos juga melakukan strategi komunikasi pemasaran terpadu melalui beberapa tahap perencanaan yang memanfaatkan media internal, eksternal dan media online serta media sosial sesuai dengan apa yang sudah dipelajari.
Strategi komunikasi pemasaran terpadu penting untuk dilakukan demi terciptanya ekuitas merek yang kuat dalam mempertahankan hubungan antara pembaca, pengiklan, mitra kerja, dan juga mempertahankan eksistensi perusahaan. Merek merupakan aset tidak berwujud yang memiliki nilai yang sangat berharga sedangkan ekuitas merek memiliki peran penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Solopos dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness.
Marketing communication merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran, guna meraih segmentasi yang lebih luas, atau dapat juga dikatakan sebagai upaya untuk memperkuat loyalitas pelanggan terhadap produk, yaitu barang dan jasa yang dimiliki perusahaan. Dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran Koran Solopos untuk menciptakan kepuasan pelanggannya maka, komunikasi pemasaran terpadu atau IMC menjadi hal yang harus diperhatikan, disamping itu juga faktor-faktor pendorong dan faktor-faktor penghambat dari strategi komunikasi pemasaran juga harus menjadi perhatian penting.
Komunikasi pemasaran bertujuan agar konsumen yang menjadi sasaran penjualan mengetahui bahwa produk mereka ada di pasaran. Suatu strategi komunikasi pemasaran dapat dikatakan berhasil apabila pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh khalayak sasaran dan membuat khalayak sasaran melakukan sesuatu sesuai dengan isi pesan yang disampaikan.
Setelah mempelajari alur kerja dan mengikuti aktivitas Marketing Communication
di Solopos,  posisi ini berperan penting dalam sebuah surat kabar.
Sangat dibutuhkan Marketing Communication untuk mengomunikasikan pemasaran dan juga untuk merespon kebutuhan pelanggan, pengiklan, mitra kerja.
Untuk memperkuat posisi bisnis Solopos dapat dilakukan melalui Marketing Communication, strategi-strategi pertahanan bisnis Solopos dibangun dengan menciptakan brand image, brand awareness ataupun brand equity. Branding tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, pengiklan dan mitra kerja.
Solopos juga sangat menjunjung tinggi kepercayaan pada pihak-pihak yang sangat berperan dalam bisnis media yaitu media, pengiklan dan biro iklan. Keberadaan pihak- pihak tersebut saling menguntungkan satu sama lain untuk mempertahankan eksistensi perusahaan koran di masa sekarang ini.

 

×
Penulis Utama : Selma Andarista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1318033
Tahun : 2021
Judul : Aktivitas Marketing Communication di PT Aksara Solopos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Periklanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1318033
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.