Penulis Utama : Sri Wahyuni Indah Pratiwi
NIM / NIP : D1318035
×

Dunia periklanan dalam pemasaran, memiliki jangkauan yang luas, hampir seluruh aktivitas terutama dalam melakukan aktivitas bisnis sangat memerlukan divisi marketing. Dalam sebuah stasiun radio terdapat bagian atau divisi Account Executive. Stasiun radio yang baru berdiri hendaknya memiliki strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar tidak mudah mati dan mampu bersaing dengan stasiun radio yang sudah ada. Bahkan dengan strategi komunikasi yang baik, sebuah stasiun radio mampu menjadi populer dan menarik.
Pada divisi ini selalu ada di tiap perusahaan. Dalam Account Executive terdapat beberapa bagian, antara lain marketing, Asisten marketing atau disebut dengan ASMEN sebagai koordinator marketing pada stasiun radio, yaitu memberikan pengarahan dan pengetahuan produk atau jasa, selanjutnya membantu Business Manajer atau BM. dalam mengawasi kegiatan marketing dan membuat laporan kegiatan serta berkoordinasi merancang kegiatan marketing. Kemudian bertugas sebagai pelaksana untuk mencari klien yang akan membuat iklan dengan bantuan atau berkolaborasi tim divisi lainnya.
Asisten marketing bertugas untuk menjalankan fungsi kontrol terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh tim marketing. Tugasnya itu tidak hanya membuat atau menjual dalam suatu program tetapi pemasaran media penyiaran yaitu pasar, sebab dengan memiliki pasar dapat menjadi lingkaran peneguhan diri dan dapat mendominasi bidang tersebut. Artinya sebuah media penyiaran memiliki ciri khas yang memiliki nilai jual. Karakteristik produk dan jasa yang dimiliki media penyiaran sangat beragam. Sebagian menghendaki cakupan demografi dan psikografi khalayak yang luas, sebagian lagi menghendaki fokus atau segmented. Rentang kapasitas anggaran pengiklanan juga beragam, mulai dari modal raksasa hingga yang mampu membayar beberapa rupiah saja.
Tugas dan fungsi Account Executive pada perusahaan, antara lain mendiskusikan dengan klien, sumber lainnya tentang produk yang akan diiklankan serta informasi lain seperti perincian mengenai perusahaan dari
produk atau jasanya, anggaran, gol, dan riset pemasaran. Selain itu juga mempresentasikan draft kasar kampanye, membuat naskah radio, melakukan follow up dan memberikan ringkasan anggaran awal kepada klien serta melakukan negosiasi untuk menyakinkan klien agar mau beriklan.
Tidak hanya pada biro iklan, perusahaan media pun juga memiliki divisi Account Executive. Tugas dan fungsinya tidak jauh berbeda yang berada di biro iklan, namun Account Executive di media lebih kepada mencari klien yang akan memasangkan iklan. tidak jarang klien yang ingin memasangkan iklan sering mengeluh terhadap harga pemasangan iklan di media, hal ini menjadi salah satu tantangannya. untuk itu perlu memiliki kemampuan negosiasi serta komunikasi yang baik dan harus menjelaskan harga yang dibayar oleh klien.
Langkah Account Executive dalam menjaga kliennya adalah berkomunikasi terlebih dahulu kemudian rapat sekaligus mengevaluasi integritas manajemen, setelah itu akan bertemu dan berkomunikasi dengan klien, dalam komunikasi tersebut Account Executive akan mengajukan pertanyaan kepada klien pertama dan pihak ketiga lainnya tentang jenis produk atau jasa apa yang ingin diiklankan, mereview pengalaman masa lalu dengan klien yang telah ada seperti perusahaan pernah mengiklankan di Biro iklan namun produk atau jasanya tidak laris dan tidak ada peningkatan dalam bisnisnya sehingga perusahaan A merugi, kemudian mengidentifikasikan kondisi tersebut dan resiko yang tidak biasa seperti seorang Account Executive harus bisa memecahkan masalah klien, menilai stabilitas keuangan dan hukum klien, dan mengidentifikasi pembatasan lingkup dari klien.

Kata Kunci : Account Executive, iklan, pemasaran, radio

 

×
Penulis Utama : Sri Wahyuni Indah Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1318035
Tahun : 2021
Judul : Proses Kerja Account Executive dalam Pemasaran Iklan di PT. Radio Solo Audio Utama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Periklanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1318035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra Wijaya S.Kom, M.IKom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.