Penulis Utama : Zanani Siti Masruroh
NIM / NIP : K7118239
×

Zanani Siti Masruroh. PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 SISWA KELAS V SDN TUGUKEPATIHAN 2 TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakteristik; (2) menganalisis kelayakan; dan (3) menguji keefektikan e-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 siswa kelas V SDN Tugukepatihan 2.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi: (1) Analyze; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada di kelas V SDN Tugukepatihan 2 sebagai kelompok eksperimen dan di kelas V SDN Jombatan 3 sebagai kelompok kontrol. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket serta hasil pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan e-LKPD (Indeks Aiken V), analisis deskriptif, dan uji keefektifan e-LKPD (N-gain dan effect size).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik e-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS menekakan aktivitas eksperimen yang memiliki 5 sintaks pembelajaran yang terdiri dari (a) orientasi masalah; (b) analisis fakta, data, dan informasi; (c) membuat hipotesis; (d) menguji hipotesis; dan € membuat kesimpulan. Kelima sintaks dalam metode problem solving mendukung perkembangan keterampilan HOTS siswa SD; (2) E-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS layak digunakan dalam pembelajaran IPA tema 6 materi perpindahan kalor. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ahli media sebesar 0,67 (valid), ahli materi sebesar 0,86 (sangat valid), ahli materi sebesar 0,86 (sangat valid), ahli bahasa sebesar 0,84 dengan (sangat valid), praktisi sebesar 0,93 (sangat valid), respon siswa kelompok eksperimen sebesar 0,86 (sangat valid); dan (3) E-LKPD berbasis problem solving berorientasi HOTS efektif digunakan dalam pembelajaran dan berkontribusi sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 materi perpindahan kalor. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil uji keefektifan produk e-LKPD pada kelompok eksperimen menggunakan rumus N-gain adalah sebesar 0,723 (tinggi) dan nilai effect size sebesar 2,74 (sangat besar). Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,324 (sedang) dan nilai effect size sebesar 0,54 (sedang).

Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan dilakukan secara terstruktur dan terarah, e-LKPD yang dihasilkan sudah teruji kelayakan dan keefektifannya, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: e-LKPD, problem solving, HOTS

×
Penulis Utama : Zanani Siti Masruroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118239
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Solving Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 6 Siswa Kelas V SDN Tugukepatihan 2 Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : e-LKPD, problem solving, HOTS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Drs. Muhamad Chamdani, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.