Penulis Utama : Muhammad Ramadhana Rahman
NIM / NIP : E0018277
×

ABSTRAK

Muhammad Ramadhana Rahman. 2022. E0018277. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA ATAS FILM YANG DIPUBLIKASIKAN MELALUI APLIKASI LAYANAN PENGIRIM PESAN INSTAN (TELEGRAM). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis, pertama terkait perlindungan hukum terhadap Hak Cipta atas film yang dipublikasikan secara illegal melalui aplikasi Telegram. Kedua, untuk mengetahui hambatan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap Hak Cipta atas film yang dipublikasikan melalui aplikasi Telegram.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang dilakukan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penelitian melalui metode wawancara yang dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap Hak Cipta atas film telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Guna mendukung perlindungan tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memfasilitasi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk melakukan laporan apabila karya ciptanya telah disebarluaskan tanpa memperoleh izin dari Pencipta. Serta melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan pemblokiran terhadap channel dalam aplikasi Telegram yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap Hak Cipta. Akan tetapi masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Adapun hambatan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap Hak Cipta atas film yang dipublikasikan melalui aplikasi Telegram adalah rendahnya kesadaran hukum masyarakat, jumlah kemunculan channel yang tidak dapat dibatasi, proses laporan yang cukup lama, pelanggaran terhadap Hak Cipta merupakan delik aduan, dan pelanggaran terhadap Hak Cipta dilakukan melalui media internet.

×
Penulis Utama : Muhammad Ramadhana Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0018277
Tahun : 2022
Judul : Perlindungan Hukum Terhadap Hak Cipta atas Film yang Dipublikasikan Melalui Aplikasi Layanan Pengirim Pesan Instan (Telegram)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Aplikasi Telegram, Film, Hak Cipta, Perlindungan Hukum
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi S.H., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Arief Suryono, S.H., M.H.
2. Umi Khaerah Pati, S.H., M.H.
3. Hernawan Hadi S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.