Penulis Utama : Sigit Tri Hatmojo
NIM / NIP : H0714133
×

Kertas merupakan komoditas penting terutama di perkantoran, pendidikan dan lain-lain. Nilai konsumsi kertas di Indonesia secara umum mengalami kenaikan (Paskaawati et al. 2010). Nilai konsumsi kertas yang tinggi tidak diikuti dengan naiknya nilai produksi kayu sebagai bahan baku, sehingga terjadilah defisit bahan baku sekitar 4,88 juta m3 (Suhartati et al. 2014). Salah satu penyebab produksi kayu yang menurun adalah serangan patogen. Kerusakan paling serius di hutan tanaman industri dari Acacia mangium dan Eucalyptus sp. di Sumatera disebabkan oleh patogen Ganoderma phillippi. Kejadian serangan Ganoderma pada generasi kedua hutan tanaman industri A. mangium di Sumatera dan Kalimantan yang berumur 3 sampai dengan 5 tahun adalah 3 sampai dengan 28% (Irianto et al. 2006). Sehingga dibutuhkan upaya pengendalian untuk menekan serangan G. philippii.
Pengendalian hayati dapat digunakan untuk menekan tingkat serangan ganoderma, salah satu metodenya dengan menggunakan mikovirus. Mikovirus menurut Son et al. (2015) adalah kelompok virus yang memparasit jamur. Mikovirus mampu menekan virulensi inangnya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai agens pengendalian strain jamur yang bersifat virulen, pendeteksian keberadaan mikovirus didalam jamur inang dapat dilakukan dengan melihat melihat profil pita RNA (ribose nucleic acid) total (Chiba et al. 2009).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan mikovirus RNA pada G. philippii hipovirulen sebagai langkah awal pengendalian hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari sampai Agustus 2018 yang bertempat di Laboratorium Plant Protection Section (PPS) PT. Arara Abadi Perawang, Riau. Metode penelitian ini yaitu percobaan dengan mengkulturkan isolat G. philippii pada media agar kemudian diamati morfologi koloni serta laju pertumbuhannya dengan 3 kali ulangan dan masa inkubasi 13 hari. Penyeleksian isolat hipovirulen dilakukan dengan uji virulensi menggunakan media apel, setiap apel dilubangi 4 lubang, 3 lubang diisi isolat jamur yang diuji dan 1 lubang sebagai kontrol, rancangan yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial 3 kali ulangan dan masa inkubasi 30 hari. Pengamatan dilakukan dengan mengukur diamater lesio nekrotik yang muncul. Ekstraksi dan visualisasi RNA total dilakukan pada 13 isolat hipovirulen yang terpilih dan 2 isolat hipervirulen sebagai pembanding. Ekstraksi dilakukan berdasarkan prosedur dari PrestoTM Mini RNA Yeast Kit. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan pola pita RNA yang diekstraksi serta karakter morfologinya untuk mengetahui keberadaan RNA mikovirus dalam isolat yang diuji.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan 13 isolat hipovirulen dari uji virulensi yang menghasilkan nilai rata-rata diameter lesio kecil (0-1 mm) pada buah apel dan 2 isolat virulen sebagai pembanding dimana memiliki nilai rata-rata diameter lesio nekrotik yang besar yaitu Gp. 23 (8 mm) dan Gp. 33 (3 mm). Hasil dari visualisasi RNA total pada G. philippii didapati bahwa dari 13 isolat hipovirulen terdapat 4 isolat (Gp. 17, Gp. 26, Gp. 28, Gp. 32) yang menunjukkan adanya pita ribosomal RNA dari jamur dan diantara rRNA jamur tersebut tidak ditemukan pita asing yang merupakan dsRNA dari virus.

 

×
Penulis Utama : Sigit Tri Hatmojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0714133
Tahun : 2021
Judul : Penapisan Mikovirus RNA yang Terdeteksi Negatif pada Ganoderma Isolat Hipovirulen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0714133
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Supyani, M.P., M.Agr., Ph.D
2. Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.