Penulis Utama : Rizki Hajarwati
NIM / NIP : K6416053
×

ABSTRAK

Rizki Hajarwati. RELEVANSI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Februari 2022.

Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) Mengetahui Validitas dan Reliabilitas Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil dengan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran, 2) Mengetahui strategi yang digunakan guru untuk turut menciptakan item soal yang memiliki validitas dan reliabilitas yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan item soal yang tidak memiliki validitas dan reliabilitas dari keseluruhan soal Penilaian Tengah Semester untuk Penilaian Tengah Semester berikutnya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa teknik purposive sampling, penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX A Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono pada tahun pelajaran 2019/2020. Data dan sumber data berasal dari analisis dokumen dan arsip yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan dan disusun oleh Guru Kelas IX A sebagai pedoman untuk mengajar, Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil, dan lembar jawab siswa kelas IX A yang telah dikoreksi, selain itu wawancara dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil belum memiliki validitas dan reliabilitas, baik validitas yang ditentukan dari segi itemnya maupun dari segi tes itu sendiri sebagai suatu totalitas, oleh sebab itu karena validitas dan reliabilitas merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil sebagai alat ukut untuk mengukur hasil belajar siswa, yang hasil ukurannya digunakan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran, maka Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil tersebut tidak bisa untuk mengukur hasil belajar siswa dan hasilnya juga tidak bisua digunakan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran. 2)  Strategi yang digunakan guru untuk turut menciptakan item soal yang memiliki validitas dan reliabilitas yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan item soal yang tidak memiliki validitas dan reliabilitas dari keseluruhan soal Penilaian Tengah Semester untuk Penilaian Tengah Semester berikutnya, yaitu dengan melakukan evaluasi setelah penilaian dilakukan dengan cara menganalisis item soalnya, item soal yang memiliki validitas dan reliabilitas disimpan dibang soal, kemudian pada Penilaian Tengah Semester Ganjil berikutnya soal yang disimpan dibang soal akan dikeluarkan lagi, dengan begitu akan tercipta banyak item soal yang memiliki validitas dan reliabilitas pada Penilaian Tengah Semester Ganjil berikutnya.

×
Penulis Utama : Rizki Hajarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416053
Tahun : 2022
Judul : Relevansi Validitas dan Reliabilitas Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil dengan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Validitas, Reliabilitas, Soal Penilaian
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hassan Suryono S.H., M.H., M.Pd
2. Dr. Machmud Al Rasyid S.H., M.Si
Penguji : 1. Dr. Winarno S.Pd., M.Si
2. Dr. Rini Triastuti., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.