Penulis Utama : Jabir Ahmad Jalaluddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216050
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Postur Kerja dan Faktor Usia Terhadap Gejala Penyakit Low Back Pain Pada Bagian Packing di PT. Madusari Nusaperdana Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Jabir Ahmad Jalaluddin,  R0216050, 2020. Hubungan Postur Kerja dan Faktor Usia Terhadap Gejala Penyakit Low Back Pain Pada Bagian Packing di PT. Madusari Nusaperdana Boyolali, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Latar Belakang : PT. Madusari Nusaperdana merupakan merupakan perusahaan pengolahan makanan yang berlokasi di Jl. Jeron Raya 168 Jeron - Boyolali Jawa Tengah. PT Madusari Nusaperdana mengolah berbagai bahan baku daging sapi dan ayam. Produk utama kami meliputi sosis, burger, bakso, smoke beef. Alur proses pembuatan bahan meliputi formulasi, filler, cooking, washing, packing, dan yang terakhir transit. Peneliti memilih sektor packing  dengan anggapan bahwa pada sektor tersebut memungkinkan pekerja terkena gejala low back pain karena mempunyai risiko postur kerja yang kurang ergonomi. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan survei awal dengan kuesioner dan observasi, ditemukan 35% pekerja berisiko sedang untuk terkena gejala Low Back Pain dan 45 % pekerja mempunyai postur kerja yang berisiko terkena gejala Low Back Pain

 

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analytic, dengan desain cross sectional. Responden penelitian dari pekerja bagian produksi packing di PT. Madusari Nusaperdana sejumlah 70 responden dari 97 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan  lembar observasi dan kuisioner untuk mengukur usia dan postur kerja untuk mengukur gejala low back pain (LBP) menggunakan metode REBA (Rappid Entire Body Assesment).  Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d dan uji Regresi linier berganda.

 

Hasil : Hasil uji korelasi Somers’d terdapat 2 variabel yang berhubungan signifikan dengan keluhan subjektif saluran pernapasan yaitu usia (p= 0.012), nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.321. Postur Kerja (p= 0,018) nilai arah korelasi (-) dan koefisien korelasi 0,302. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan uji Regresi Linier Berganda menunjukkan kedua variabel yaitu usia dan postur kerja berpengaruh dengan gejala low back pain dengan (p= 0,032) dan koefisien regresi.

 

Simpulan : Terdapat hubungan signifikan usia, postur tubuh dengan gejala LBP (Low Back Pain)pekerja di PT. Madusari Nusaperdana.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
Halaman Cover.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS
2. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi