Penulis Utama : Intannia Indah Prabowo
NIM / NIP : K3117039
×

Intannia Indah Prabowo. K3117039. PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERENCANAAN KARIR MODEL ARMSTRONG PADA SISWA SMA DI SURAKARTA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2022. 
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan Prototipe-1, “Panduan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Karir Model Armstrong pada Siswa SMA di Surakarta” berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik yang selanjutnya siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) Model Plomp. Penelitian ini dibatasi sampai tahap developing and prototyping (realization) atau menghasilkan produk yang berwujud hardfile prototipe-1. Peneliti menggunakan hasil studi literatur yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, FKIP UNS angkatan 2016 berupa data kebutuhan dan kepentingan siswa se eks-karesidenan Surakarta. Selain hasil literatur, peneliti juga menggunakan data hasil studi empirik berupa wawancara guru bimbingan dan konseling di tiga sekolah yang berbeda di Surakarta. 
Hasil penelitian dan pengembangan. Pertama, kajian empirik memuat hasil studi literatur dan studi lapangan yang menunjukkan keterampilan perencanaan karir sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi siswa dan perlunya pengembangan panduan perencanaan karir. Kedua, kajian teoritik yang didapat melalui studi kepustakaan yaitu pengertian perencanaan karir, aspek – aspek perencanaan karir, faktor perencanaan karir, proses perencanaan karir, pengertian multiple intelligences Armstrong, jenis - jenis multiple intelligences Armstrong, pengertian self regulated learning, aspek self regulated learning,  faktor  self regulated learning, fase self regulated learning, strategi self regulated learning, dan karakteristik self regulated learner, pengertian bimbingan klasikal, tujuan bimbingan klasikal, dan langkah – langkah bimbingan klasikal. Ketiga, berdasarkan kajian empirik dan teoritik dikembangkan Panduan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Karir Model Armstrong pada Siswa SMA di Surakarta yang siap di uji secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Produk yang dihasilkan berupa Buku Panduan Guru BK dan Lembar Kerja Siswa. 
Saran yang bisa diberikan terkait hasil penelitian dan pengembangan ini sebaiknya guru BK memahami tujuan layanan, langkah – langkah pelaksanaan dan menyesuaikan dengan kondisi siswa di sekolah

 

×
Penulis Utama : Intannia Indah Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117039
Tahun : 2022
Judul : Panduan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Karir Model Armstrong pada Siswa SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bimbingan klasikal, perencanaan karir, self regulated learning
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.