Penulis Utama : Rifda Ummu Nazhiifah
NIM / NIP : K4218054
×

ABSTRAK
Rifda Ummu Nazhiifah. ANALISIS KONFLIK SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM NASKAH DRAMA BECIK NITIK ALA PILARA KARYA M. AHMAD JALIDU SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.
Banyak isu-isu moral yang merebak dikalangan masyarakat saat ini, seperti penyalahgunaan narkoba, pencurian, pembunuhan, pornografi, pemerkosaan, tawuran dan lain-lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan moral kepada masayarakat. Upaya penanaman moral dapat dilakukan melalui karya sastra, karya sastra sendiri dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar bahasa Jawa di sekolah. Salah satu karya sastra yang dapat dimanfaatkan adalah naskah drama “Becik Nitik Ala Pilara” karya M. Ahmad Jalidu. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan representasi konflik sosial dalam naskah drama “Becik Nitik Ala Pilara” karya M. Ahmad Jalidu, mendeskripsikan representasi nilai moral dalam naskah drama “Becik Nitik Ala Pilara” karya M. Ahmad Jalidu, mendeskripsikan pemanfaatan analisis konflik sosial dan nilai moral dalam naskah drama “Becik Nitik Ala Pilara” karya M. Ahmad Jalidu sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMA. 
Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara kepada beberapa informan. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis mengalir. Prosedur penelitian yang dilaksanakan meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan dan penyampaian laporan. 
Hasil penelitian ini yaitu: pertama, terdapat empat jenis konflik sosial yang terdapat dalam naskah Becik Nitik Ala Pilara Karya M. Ahmad Jalidu, meliputi : a) Konflik antar pribadi, b) konflik gender, c) konflik antarkelas sosial, dan d) konflik antar golongan. Kedua, terdapat lima jenis nilai moral yang terdapat dalam naskah Becik Nitik Ala Pilara Karya M. Ahmad Jalidu, meliputi: a) toleransi, b) rasa hormat, c) kebaikan hati, d) kontrol diri, dan e) keadilan. Ketiga, hasil analisis konflik sosial dan nilai moral dalam naskah drama Becik Nitik Ala Pilara Karya M. Ahmad Jalidu dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMA. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa informan yaitu guru bahasa Jawa, siswa SMA dan seorang pakar sastra. Selain sesuai dengan KD yang ada dalam kurikulum 2013 beberapa alasan lain yang diungkapkan informan yaitu bahasa yang mudah dipahami, konflik sosial yang beragam dan nilai moral yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran pada kehidupan para siswa.

×
Penulis Utama : Rifda Ummu Nazhiifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218054
Tahun : 2022
Judul : Analisis Konflik Sosial dan Nilai Moral dalam Naskah Drama Becik Nitik Ala Pilara Karya M. Ahmad Jalidu serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : konflik sosial, nilai moral, naskah drama, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
2. Dewi Pangestu Said., S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.