Penulis Utama : Adam Rifaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115004
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kerapuhan Struktur Hubungan Balok Kolom Bangunan Non-Teknis dengan Perkuatan Pelat Baja 10 Cm
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Indonesia adalah negara yang sangat rawan akan ancaman bencana gempa bumi. Hal ini berkaitan dengan letak geografis wilayah Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar dunia, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Selain itu, wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi membuat kemungkinan terjadinya gempa bumi menjadi semakin besar. Meski demikian, masih banyak terdapat bangunan sipil yang dibangun tidak sesuai dengan prinsip-prinsip engineering (bangunan non-teknis) sehingga apabila terjadi gempa maka dampak yang ditimbulkan semakin besar terutama resiko korban jiwa. Berdasarkan pengamatan di lapangan, mayoritas pola keruntuhan pada struktur bangunan adalah terjadi kerusakan pada bagian joint, yaitu daerah pertemuan antara balok dan kolom. Daerah tersebut memang merupakan bagian kritis struktur dalam merespon gaya gempa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan pelat baja sebagai perkuatan pada joint suatu struktur non-teknis terhadap kinerjanya dalam merespon gaya gempa. Elemen portal terbuka non-teknis dengan dan tanpa perkuatan pelat baja dimodelkan dalam program ATENA untuk selanjutnya dilakukan simulasi pembebanan. Data hasil simulasi pembebanan kemudian dianalisis untuk membuat kurva kerapuhan seismik struktur dari masing-masing model.

Hasil simulasi pembebanan menunjukkan bahwa portal dengan perkuatan pelat baja memiliki nilai kapasitas beban dan simpangan yang lebih besar dibandingkan dengan portal tanpa perkuatan. Hasil analisis kurva kerapuhan menunjukkan bahwa penggunaan pelat baja sebagai perkuatan joint suatu struktur dapat meningkatkan kinerja seismik struktur dalam merespon gaya gempa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
02 HALAMAN COVER.pdf
03 BAB 1.pdf
04 BAB 2.pdf
05 BAB 3.pdf
06 BAB 4.pdf
07 BAB 5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Purwanto, S.T, M.T.
2. Prof. S. A. Kristiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik