Penulis Utama : Umar Abdul Karim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118138
Tahun : 2022
Judul : Analisis Safety Factor menggunakan Data Hujan TRMM Downscaling dengan Metode Geographically Weighted Regression
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bencana tanah longsor adalah gerakan masa tanah atau batuan pada suatu lereng. Di Indonesia terjadi pada topografi terjal dengan sudut lereng sekitar 15°- 45° dan pada batuan volkanik lauk dengan curah hujan tinggi. Salah satu faktor yang berpengaruh pada tanah longsor adalah curah hujan yang tinggi, karena curah hujan mempengaruhi kondisi tekanan air pori di dalam material pembentuk lereng. Curah Hujan didapat dari pos stasiun hujan. Di Indonesia sistem penyebaran pos stasiun hujan di beberapa daerah masih belum memadai seperti, letak antar pos stasiun hujan jaraknya sangat berjauhan, banyak daerah sungai di pedalaman atau daerah terpencil yang tidak terdapat pos stasiun hujan. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan ketersediaan data hujan yaitu satelit Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM).

Tujuan dari penelitian ini yaitu  menganalisis stabilitas  lereng dan mengetahui hasil dan hubungan kalibrasi data hujan TRMM ter-downscaling dengan data pos stasiun curah hujan menggunakan metode Geographically Weighted Regression (GWR) dan mengetahui sebaran hasil dari kedalaman tanah jenuh dan Safety Factor (SF) tanah berdasarkan kalibrasi data downscaling TRMM. Penelitian dilakukan dengan melakukan mengolah data tanah, data hujan, data kemiringan lereng. Metode regresi Geographically Weighted Regression (GWR) menggunakan software GWR 4.0. Hasil Kalibrasi TRMM downscaling digunakan dalam menghitung kedalaman tanah jenuh (Zw) untuk analisis stabilitas lereng. Perhitungan nilai Safety Factpr menggunakan Geographic Resources Analysis Support System (Grass GIS) dan GeoStudio SLOPE/W dengan metode Spencer.

Hasil validasi pada downscaling TRMM yang dikalibrasi dengan metode GWR didapat nilai yang sangat baik dengan nilai rata-rata > 0,8 sedangkan hasil analisis stabilitas lereng dengan GeoStudio SLOPE/W didapat bahwa nilai SF pada tinjauan Bukit    Mangadeg dan Bukit Sepanjang < 1>1,25 sehingga menyatakan bahwa bukit girilayu merupakan lereng stabil. sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar berpotensi terjadi bencana tanah longsor.   

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 5_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
BAB 4_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
BAB 3_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
BAB 2_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
BAB 1_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
DAFTAR PUSTAKA_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
HALAMAN COVER_UMAR ABDUL KARIM_I0118138.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Raden Harya Dananjaya HI, S.T., M.Eng
2. Dr. Galuh Chrismaningwang, S.T., M.T.
Catatan Umum : Tidak ada
Fakultas : Fak. Teknik