Penulis Utama : Bela Megawati
NIM / NIP : K1216017
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) latar sosial pengarang Cerpen Pilihan Kompas 2019, (2) masalah sosial yang terdapat dalam Cerpen Pilihan Kompas 2019, (3) nilai sosial yang terkandung dalam Cerpen Pilihan Kompas 2019, dan (4) pemanfaatan hasil temuan masalah sosial dan nilai sosial dalam Cerpen Pilihan Kompas 2019 sebagai bahan ajar pembelajaran cerpen di SMA.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2019 Mereka Mengeja Larangan Mengemis dan informan guru Bahasa Indonesia dan siswa SMA kelas XI. Metode penelitan yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data yang digunakan ialah dengan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) berdasarkan latar sosial pengarang-pengarang yang didapatkan dari biografi singkat pengarang dapat ditemukan aspek latar sosial yang relevan yaitu asal sosial, kelas sosial, gender, umur, pendidikan, dan pekerjaan. Aspek-aspek latar sosial tersebut mampu memengaruhi cerita yang ditulis oleh pengarang; (2) masalah sosial yang dapat ditemukan terdiri atas lima data masalah kemiskinan, delapan data maslah kejahatan atau kekerasan, tiga data masalah pelanggaran norma, tiga data masalah perceraian dan perselingkuhan, dan dua data masalah birokrasi; (3) nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerpen-cerpen tersebut meliputi dua data nilai kepedulian, tiga data nilai tolong menolong, tiga data nilai kerja sama, tiga data nilai empati, dua data nilai disiplin, dan empat data nilai keserasian hidup; (4) Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2019 dapat digunakan sebagai bahan ajar karena cerpen tersebut mampu mencerminkan kehidupan sosial masyarakat saat ini dan cerpen menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa. Siswa dapat menganalisis unsur dan nilai-nilai kehidupan (sosial) dalam cerpen. Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerpen dapat menjadi pesan dan amanat, serta dapat terapkan oleh siswa dalam kehidupan bermasyarakat.

Kata kunci: masalah sosial, nilai sosial, cerpen, dan bahan ajar

 

×
Penulis Utama : Bela Megawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216017
Tahun : 2021
Judul : Masalah Sosial dan Nilai Sosial dalam Cerpen Pilihan Kompas 2019 Mereka Mengeja Larangan Mengemis Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1216017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.