Penulis Utama : Anggi Setiyaningsih
NIM / NIP : K2317003
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria yang baik; (2) Mendeskripsikan spesifikasi media pembelajaran interaktif menggunakan Camtasia Studio 2019 pada materi Fluida Dinamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, berdasarkan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan media pembelajaran hanya dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari 5 tahapan yaitu (1) Analysis; (2) Design; (3) Development. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 guru fisika SMA, 10 mahasiswa, dan 102 peserta didik. Guru dan peserta didik berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 7 Surakarta, SMA Negeri 8 Surakarta, dan SMA Negeri 2 Sukoharjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran menggunakan Camtasia Studio 2019 untuk materi fluida dinamis SMA kelas XI diawali dengan menentukan KI, KD, serta membuat peta konsep yang akan menjadi dasar pembuatan media pembelajaran, selanjutnya adalah membuat storyboard yang akan menjadi dasar navigasi dan tampilan media, langkah selanjutnya membuat media dengan menggunakan Camtasia Studio 2019. Kemudian media pembelajaran dikonversi menjadi aplikasi android, dan tahap terakhir adalah proses validasi yang dilakukan oleh ahli, reviewer, mahasiswa, selanjutnya dilakukan tahap uji coba terhadap peserta didik. Berdasarkan validasi ahli, reviewer, mahasiswa dan penilaian dari siswa didapatkan hasil penilaian sangat baik. Adapun nilai rerata masing-masing sebagai berikut: validasi ahli 171; validasi reviewer 177; validasi mahasiswa 176,5; uji coba satu-satu 24,67; uji coba kelompok kecil 24,44; uji coba lapangan 23,92; (2) Media pembelajaran interaktif terdiri dari pendahuluan, lima sub materi fluida dinamis dan penutup. Pendahuluan terdiri dari cover media pembelajaran, kata pengantar, biodata pengembang, tokoh pengembang, kompetensi inti, kompetensi dasar, peta konsep, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, video penerapan materi fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari, dan materi yang akan dipelajari dalam media pembelajaran. Lima sub materi terdiri dari fluida ideal, debit fluida, hukum Kontinuitas, hukum Bernoulli dan penerapan hukum Bernoulli.  Penutup terdiri dari soal evaluasi yang terdiri dari 10 soal, daftar pustaka, kata-kata motivasi, dan ucapan terima kasih. Media ini didistribusikan melalui internet dan dikemas dalam bentuk aplikasi android.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Camtasia Studio 2019, Fluida Dinamis

 

×
Penulis Utama : Anggi Setiyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317003
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 2019 Untuk Materi Fluida Dinamis SMA Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2317003
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
2. Yesiana Arimurti, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.